Tidak Punya eKTP, SUKET Solusi Alternatif

JAKARTA – Kekosongan blanko eKTP terjadi hampir merata di seluruh wilayah Kecamatan Indonesia. Gagal lelang pada akhir tahun 2016 yang menyebabkan kekosongan blanko eKTP di berbagai wilayah, yang dampaknya warga kesulitan ketika membutuhkan KTP elektronik.

Warga yang berhak mendapatkan eKTP adalah mereka yang sudah melakukan perekaman data pribadi di kecamatan tempat tinggalnya.

Suket (Surat Keterangan) dapat menjadi alternatif bagi mereka yang belum mempunyai eKTP. Fungsi dari SUKET ini pun sama dengan eKTP di dalamnya berisi semua data pribadi warga yang didapat dari hasil perekaman eKTP, dilengkapi dengan kode QR (quick response). Kevalidan SUKET sebagai pengganti eKTP tidak perlu diragukan karena tercetak bersumber langsung dari database SIAK (sistem administrasi kependudukan) Depdagri.

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 471.13/10231/DUKCAPIL tertanggal 29 September 2016 dan Nomor 471.13/11691/DUKCAPIL tertanggal 3 November 2016; Surat Keterangan yang dimaksud berlaku sebagaimana KTP-el
dan dapat dipergunakan untuk berbagai keperluan administrasi.

Pemberlakuan Surat Keterangan ini juga sudah disosialisasikan ke berbagai instansi seperti bank, BPJS, dan pihak kepolisian. Selanjutnya, jika blangko KTP-el sudah tersedia maka Surat Keterangan tersebut dapat ditukarkan dengan KTP-el dan tidak perlu melakukan proses perekaman ulang kembali.

Warga dapat meminta SUKET secara gratis di Kecamatan tempat tinggal sekitar dan dapat ditukar dengan eKTP setelah blanko tersedia tanpa harus melakukan perekaman data kembali.

EDITOR: Iwan S

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Renungan Hari Tenang: Dari Indonesia Pusaka Hingga Tuhan Survei

Dan memang itulah tujuan tertinggi dari ritual pemilu. Kompetisi, adu gagasan, demonstrasi kepentingan, itu semua semacam gerak senam dan angkat beban dalam gymnasium.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER