Terkait Produksi Mobil Esemka, Presiden Jokowi: Itu Urusan Swasta Bukan Urusan Saya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi mengatakan produksi mobil Esemka dikerjakan oleh industri yang didirikan oleh swasta, bukan oleh pemerintah.

“Itu urusan orang industri. Urusan saya urusan apa dengan produksi Esemka. Ga ada urusan pemerintah,” kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang pada Rabu (24/10).

Menurut Presiden, pada saat dirinya menjabat sebagai Walikota Solo, ia mendorong mobil kreasi anak-anak SMK yang dibantu oleh teknisi perusahaan besar.

Pemerintah pun terus mendorong produk lokal, seperti mobil Esemka, untuk maju dengan uji emisi dan uji laik jalan.

“Tugas pemerintah hanya itu. Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kita lagi,” jelas Presiden.

Kendati demikian, jika produksi mobil Esemka jadi diresmikan, maka ia bersedia datang karena merupakan merk dan karya anak bangsa.

Perkembangan pabrik mobil Esemka sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe dan Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan. Pabrik mobil Esemka didirikan di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah dan memproduksi salah satu jenis kendaraan yakni pick-up. (Ant/SU01)

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER