Terkait Produksi Mobil Esemka, Presiden Jokowi: Itu Urusan Swasta Bukan Urusan Saya

9
519
  • 243
    Shares
Jokowi saat menjabat Wali Kota Solo dan mobil Esemka karya siswa SMK di Solo. (foto:istimewa)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Presiden Jokowi mengatakan produksi mobil Esemka dikerjakan oleh industri yang didirikan oleh swasta, bukan oleh pemerintah.

“Itu urusan orang industri. Urusan saya urusan apa dengan produksi Esemka. Ga ada urusan pemerintah,” kata Jokowi usai menghadiri pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-33 di Indonesia Convention Exhibition, Tangerang pada Rabu (24/10).

Menurut Presiden, pada saat dirinya menjabat sebagai Walikota Solo, ia mendorong mobil kreasi anak-anak SMK yang dibantu oleh teknisi perusahaan besar.

Pemerintah pun terus mendorong produk lokal, seperti mobil Esemka, untuk maju dengan uji emisi dan uji laik jalan.

“Tugas pemerintah hanya itu. Setelah jadi, ya diserahkan kepada industri, mau diproduksi atau tidak produksi, ya bukan urusan kita lagi,” jelas Presiden.

Kendati demikian, jika produksi mobil Esemka jadi diresmikan, maka ia bersedia datang karena merupakan merk dan karya anak bangsa.

Perkembangan pabrik mobil Esemka sudah mendapatkan Tanda Pendaftaran Tipe dan Sertifikat Uji Tipe dari Kementerian Perhubungan. Pabrik mobil Esemka didirikan di Sambi, Boyolali, Jawa Tengah dan memproduksi salah satu jenis kendaraan yakni pick-up. (Ant/SU01)

9 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU