Proses Ganti Rugi Tol Japek II Selatan Ditargetkan Selesai Dalam Tiga Bulan

PURWAKARTA, SERUJI.CO.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan proses ganti rugi atau pengadaan tanah untuk proyek pembangunan jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II sisi Selatan wilayah Kabupaten Purwakarta ditargetkan selesai tiga bulan mendatang.

“Pengadaan tanah proyek jalan Tol Japek (Jakarta-Cikampek) Selatan II sudah memasuki tahap pelaksanaan pembayaran Desa Mulyamekar, sebanyak 53 bidang,” kata Nurbaiti, Ketua Pejabat Pembuat Komitmen Proyek Jalan Tol Japek II Selatan Kementerian PUPR Wilayah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta, Sabtu (6/7).

PT Jasa Marga Japek Selatan, anak usaha PT Jasa Marga, yang mengelola proyek Jalan Tol Japek II Selatan melakukan pembayaran kepada warga untuk 53 bidang lahan tersebut pada Jumat (5/7), di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Purwakarta.

Pada tahapan pembayaran berdasarkan hasil Penilaian Tim Kantor Jasa Penilai Publik serta Validasi dari Kantor BPN Purwakarta, terdapat 53 bidang yang memenuhi syarat pemberkasan dari awalnya sebanyak 177 bidang hasil musyawarah. Sisanya, uang ganti kerugian atas proyek Jalan Tol Japek II Selatan itu akan dilakukan tahun ini juga.

“Tim terus berpacu untuk dapat menyelesaikan pengadaan lahan proyek pembangunan jalan tol di wilayah Purwakarta, karena konstruksi sudah dimulai sejak Mei lalu,” kata Nurbaiti.

Direktur Utama PT PT Jasamarga Japek Selatan, Dedi Krisnariawan Sunoto, menyampaikan kalau pengerjaan konstruksi jalan tol ini sudah dilakukan sejak Mei 2019.

Pengerjaan konstruksi dilakukan di lahan milik pemerintah yang terdiri atas lahan yang dikelola Jasa Marga, lahan milik Kementerian PUPR, serta lahan milik Perhutani.

Proyek Pembangunan Jalan Tol Japek II Selatan terdiri atas tiga seksi. Seksi 1 mulai dari Jati Asih menuju Setu sepanjang 9,3 kilometer, Seksi 2 dari Setu menuju Taman Mekar sepanjang 24,85 kilometer, dan Seksi 3 dari Taman Mekar menuju Sadang sepanjang 27,85 kilometer.

Ia menyatakan, kehadiran Jalan Tol Japek II Selatan nantinya akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta Menuju Cikampek dari sisi selatan.

Jalan Tol Japek II Selatan juga diharapkan menjadi salah satu solusi upaya meningkatkan perekonomian dan pemerataan serta kelancaran transportasi pembangunan, khususnya di wilayah-wilayah antara Jakarta dan Cikampek.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Mengapa Islamophobia?

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER