Polisi Terus Lakukan Negosiasi Dengan Napi Teroris

DEPOK, SERUJI.CO.ID – Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Setyo Wasisto menyebutkan lima polri yang terlibat dalam kerusuhan di rumah tahanan Mako Brimob pada Rabu (9/5) dinihari itu gugur dalam menjalankan tugas negara dan sedang berlangsung perundingan dengan napi teroris.

“Kita semuanya turut berbelasungkawa atas gugurnya lima anggota polri. Mereka bhayangkara-bhayangkara terbaik yang telah mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara,” kata Kadiv Humas Mabes Polri saat jumpa pers, di Direktorat Polisi Satwa Baharkam Mabes Polri, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5).

Menurut dia, situasi di rutan Mako Brimob sudah dapat dikendalikan dengan baik. Tim juru runding/negosiator Polri saat ini masih melakukan negosiasi kepada narapidana teroris dengan harapan mendapatkan hasil yang baik.

“Saya mohon masyarakat tidak gelisah, tidak takut karenas situasinya masih bisa dikendalikan. Saya mohon masyarakat jangan percaya dengam media yang tidak jelas yang ingin memprovokasi dan mengalihkan fakta-fakta untuk tujuan tertentu. Kita akan menyampaikan update melalui media massa,” kata Irjen Setyo.

Baca juga: Lima Anggota Polri Yang Gugur Merupakan Personel Terbaik

Tuntutan yang disampaikan oleh narapidana teroris, kata dia, tidak jelas karena asal muasal permasalahan itu dipicu oleh pemeriksaan makanan yang dilakukan petugas.

“Namun, ada yang tidak suka sehingga memprovokasi napi yang lain. Akibatnya terjadi kerusuhan di dalam rutan,” ujarnya.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal M Iqbal menambahkan, pemicu kerusuhan terjadi karena pemeriksaan makanan yang masuk dalam tahanan harus diverifikasi terlebih dahulu oleh petugas sesuai dengan SOP, namun hal ini yang menjadi membuat cekcok antara petugas dan narapidana teroris.

Baca juga: Rusuh di Mako Brimob, 5 Polisi Gugur dan 1 Tahanan Teroris Tewas

“Makanan itu harus steril dan memastikan tidak ada barang yang terlarang masuk,” katanya.

Ia menjelaskan, pada saat itu terjadi insiden keributan antara petugas kepolisian dengan narapidana teroris dan senjata direbut oleh para narapidana teroris.

Langkah-langkah yang diambil yaitu pertama, mengendalikan situasi dari semalam hingga detik ini terkendali karenapolisi mengedepankan upaya-upaya persuasif, yaitu berupaya berunding dengan beberapa tahanan yang mau diajak komunikasi untuk menemui satu solusi bersama.

“Kita bisa saja melakukan penetrasi, bila memang membahayakan petugas. Namun, kita berharap itu tidak terjadi karena akan ada korban lagi yang berjatuhan. Oleh karenanya, kita terus melakukan negosiasi,” kata Iqbal.

Iqbal menegaskan bahwa tidak ada baku tembak yang terjadi dalam kerusuhan itu. Para napi berhasil merebut senjata yang dipegang oleh lima korban yang telah gugur. (Ant/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengenal Lebih Dekat Komisi Anti Korupsi Hongkong

Hubungan persahabatan antara KPK dan ICAC telah terjalin dengan baik selama dua tahun terakhir. Kerjasama kedua lembaga anti rasuah tersebut sebagian besar menyangkut peningkatan kapasitas KPK, terutama dibidang akuntansi forensik, pemulihan aset, dan tehnik investigasi.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER