Pemprov DKI Benarkan Fasilitasi Ratna Sarumpaet ke Konferensi WPI di Chili


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta membenarkan bahwa Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi keberangkatan aktivis perempuan, Ratna Sarumpaet ke Chili untuk menghadiri konferensi internasional The 11th Women Playwrights International (WPI) Conference 2018.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta Asiantoro dalam siaran pers yang diterima SERUJI, Jumat (5/10) pagi.

Dijelaskan oleh Asiantoro, Pemprov DKI memfasilitasi untuk menghadiri konferensi yang akan diadakan di Kota Santiago, Chili pada 7-12 Oktober 2018, atas permintaan Ratna Sarumpaet.

“Pemprov DKI Jakarta pada 31 Januari 2018 menerima surat permohonan dari Ratna Sarumpaet, yang isinya Bu Ratna meminta bantuan sponsor kepada Pak Gubernur untuk mengikuti kegiatan WPI,” jelas Asiantoro.

Baca juga: Benarkah Ingin Melarikan Diri? Inilah Tujuan Ratna Sarumpaet ke Chili

Diungkapkan Asiantoro, dalam surat permohonan bantuan sponsor tersebut, Ratna menjelaskan bahwa dia mendapat undangan untuk menghadiri konferensi tiga tahunan tersebut pada 17 Oktober 2017.

“Dan dalam suratnya panitia penyelenggara meminta Ratna menjadi pembicara dan membagikan pengalamannya kepada para peserta,” ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 19 Februari 2018 menerima surat permohonan Ratna, dan kemudian mendisposisikannya ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

“Disposisi Bapak Gubernur ke Dinas Parbud adalah difasilitasi dan didukung serta TL (tindak lanjut) sesuai ketentuan,” kata Asiantoro.

Baca juga: Ratna Sarumpaet Ditangkap Polisi Saat Hendak ke Luar Negeri

Setelah menerima disposisi Gubernur, lanjut Asiantoro, ia kemudian mendisposisikan surat tersebut ke Bidang Nilai Sejarah dan Budaya, yang menindaklanjutinya dengan membuat nota dinas ke Biro Administrasi Sekretariat Daerah (ASD) karena pengurusan biaya perjalanan dinas merupakan bagian dari tugas Biro ASD.

“Disparbud melakukan pengaturan perjalanan Ratna Sarumpaet sekaligus membantu berkoordinasi dengan pihak panitia Woman Playwrights International. Dan dijadwalkan Bu Ratna akan tampil di opening tanggal 7 Oktober 2018,” katanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, saat ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten pada Kamis (4/10) malam, Ratna Sarumpaet menjelaskan bahwa kepergiannya ke Chili adalah untuk menghadiri konferensi WPI yang diadakan di Kota Santiago.

Kepada media, Ratna juga mengungkapkan bahwa keberangkatannya tersebut sudah terjadwal lama dan difasilitasi oleh Pemprov DKI Jakarta.

Disposisi surat permohonan Ratna Sarumpaet ke Pemprov DKI.

(ARif R)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close