Kivlan Zen Sebut YLBHI Layak Dibubarkan

1
211
kivlan zen
Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen. (Foto: Istimewa)

JAKARTA – Mayjen TNI (Purn) Kivlan Zen menegaskan bahwa Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) harus dibubarkan.

Pasalnya, Kivlan menilai YLBHI mengungkit luka Indonesia soal Partai Komunis Indonesia (PKI) dalam seminar yang digelar beberapa waktu lalu. Sejumlah kasus pun dituding melawan hukum, salah satunya kegiatan seminar pada Sabtu (17/9) dan Ahad (18/9).

“Mereka melanggar TAP MPRS, berarti melangar UUD, berarti pembangkang. Bukan hanya sekali dua kali. Berarti LBH harus dibubarkan seperti HTI,” kata Kivlan di Gedung Bareskrim Polri, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Kivlan mengaku mendapatkan informasi bahwa kegiatan seminar pelurusan sejarah peristiwa 1965 di YLBHI bertujuan untuk meminta pemerintah mencabut Ketetapan MPRS Nomor 25 Tahun 1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia (PKI). Info itu didapatkan dari anak buahnya yang mengikuti acara YLBHI.

“Mereka tak seminar, tapi pas pentas seni dan menyataan PKI tidak salah, yang salah Orde baru, yang salah pemerintah Soeharto, yang salah adalah tentara. Mereka minta cabut TAP MPR tentang larangan adanya PKI,” jelas Kivlan.

Bahkan, kata Kivlan, dia mendapat informasi adanya seseorang mengenakan baju bergambar palu dan arit (lambang PKI) keluar dari kantor YLBHI.

“Waktu saya dengar ada yang keluar pakai lambang palu arit dari kantor LBH. Ada lagu-lagu Genjer-Genjer yang dinyanyikan Genjer-Genjer. Itu lagu perangnya PKI ketika menyerang. Itu yang saya dengar,” kata Kivlan.

Kivlan tak terima ketika kesalahan seolah diarahkan pada dirinya. Ia membantah mendalangi pengepungan Kantor YLBHI. Lembaga itu, dengan atau tanpa pengepungan seharusnya dibubarkan sejak dulu.

“Tapi saya dituduh sebagai provokator dalang sebagai orang yang mengkoordinasi. Jadi dengan demikian LBH sudah sejak lama kita tengarai berusaha mengungkit-ungkit luka lama,” ucap dia.

1
2
BAGIKAN
loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

Wapres KAHMI

Tutup Munas Kahmi Ke- 10, Ini Pesan Wapres Jusuf Kalla

MEDAN, SERUJI.CO.ID - Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla meminta organisasi Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (Kahmi) dapat menonjolkan intelektualisme kecendekiawanan. Kalau berbicara dengan batas...
Danau Lawutung

Eksotis, Danau Lawutung Masih Menyimpan Mistis

SUMBA, SERUJI.CO.ID - Danau Lawutung yang terletak di desa Kadahang kecamatan Hahar, kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) salah satu danau yang berada...

KNPI NTT Minta Novanto Kooperatif Hadapai Proses Hukum

KUPANG, SERUJI.CO.ID - Kasus Korupsi KTP-el yang menimpa Ketua DPR RI yang juga Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto, jadi perhatian Dewan Pimpinan Daerah (DPD)...

KANAL WARGA TERBARU

image4214

USULAN REMBAG EKONOMI UMAT Versi II

DEPO MUSLIM INDONESIA Barang Warung Harga Grosir Bentuk : Koperasi Jasa Bidang : Distribusi Anggota : 1. Pemilik Warung/usaha retail muslim 2. Produsen muslim Spesialisasi Depo dan Distribusi Modal : 1. Stok Barang...
Doa Bisa Simalakama

Doa Bisa Simalakama

Doa bisa dipandang dari dua aspek. Pertama, doa dilihat dari aspek FUNGSInya. Kedua, doa dilihat dari aspek ISInya. Dilihat dari sisi FUNGSInya, doa adalah ibadah....
VIR

Belajar dari “HUKUM OHM”, Selamat datang Masalah

Jamak kita temui, hampir setiap orang yang menghadapi masalah terlihat kusut di wajahnya. Pada tingkatan tertentu, ada sebagian orang bahkan sampai stres dalam menghadapi...