Inilah Jadwal dan Barang Bawaan Raja Arab di Indonesia

JAKARTA – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis Al-Saud dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada (1-9/3) dengan total 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran. Kunjungan ini akan membahas penambahan kuota haji, peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia, perlindungan WNI di Arab Saudi, dan penandatanganan MoU sejumlah bidang bisnis. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali Raja Arab Saudi selama kurun waktu 47 tahun yang lalu.

Raja Salman dan rombongan direncanakan akan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (1/3) disambut langsung oleh Presiden Jokowi. Namun sebelumnya, Selasa (28/2) dijadwalkan pangeran dan para delegasi terlebih dahulu mendarat untuk mematangkan persiapan kedatangan raja. Mereka menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 777 dan dua pesawat berbadan sedang Boeing 737-800.

Selama empat hari hari (1-4/3) rombongan berada di Jakarta membahas sejumlah pertemuan dengan pemerintah RI, termasuk akan berkunjung ke Gedung DPR/MPR di ruang sidang paripurna dan Masjid Istiqlal.

Seskab Pramono Anung mengatakan, Arab Saudi akan menyuntikkan investasi di Indonesia sebesar USD 25 miliar atau setara dengan Rp 332,5 triliun. Dalam kunjungan ini akan ditandatangani investasi perusahaan migas Saudi, Aramco senilai USD 6 miliar di Cilacap dan investasi lainnya.

Kemudian pada (4-9/3) seluruh rombongan akan berkunjung ke Bali untuk liburan. Paspampres, TNI, Polri, PT Angkasa Pura I, dan protokoler Kerajaan Arab Saudi terus mematangkan persiapan dan keamanan menjelang kedatangan rombongan dengan standar VVIP. Kedatangan dan kepulangan rombongan dipastikan tidak mengganggu penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan I Gusti Nugarah Rai.

Rombongan Kerajaan Arab Saudi akan menggunakan tujuh peswat khusus di Indonesia. Ketujuh pesawat yang digunakan, yakni dua pesawat Boeing 777/2, satu Boeing 747/1XP, satu Boeing 747/3, 1 Boeing 747-400, satu Boeing 757, dan satu pesawat jenis Hercules.

Selain itu juga rombongan membawa bahan makanan dan minuman, peralatan kantor, furnitur, dan mesin x-ray. Juga membawa dua unit Mercy S600 yang telah tiba di Halim Perdanakusuma pada Kamis (23/2) lalu. Dua Mercy S600 juga telah tiba di Denpasar pada Sabtu (18/2) dan dua eskalator elektrik untuk alat turun raja dari pesawat yang telah tiba terlebih dahulu pada Selasa dan Rabu (21-22/2) di Denpasar dan Jakarta.

EDITOR: Rizky

11 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

NKRI Bersyariah atau Ruang Publik Yang Manusiawi

Pertanyaannya mengapa hasil Islamicity Index berdasarkan arahan kitab suci Alquran hasilnya tak banyak beda dengan World Happiness Index. Pada dasarnya nilai terbaik dari agama Islam, sebagaimana agama lain, jika diuniversalkan, itu sama dengan aneka nilai manusiawi yang dirumuskan oleh peradaban mutakhir. Nilai yang Islami itu ternyata juga nilai yang manusiawi. Itulah ruang publik yang universal yang bisa dinikmati semua manusia, apapun agama dan keyakinannya.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER