Inilah Jadwal dan Barang Bawaan Raja Arab di Indonesia

JAKARTA – Raja Arab Saudi, Salman bin Abdul Azis Al-Saud dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada (1-9/3) dengan total 1.500 orang, 10 menteri, dan 25 pangeran. Kunjungan ini akan membahas penambahan kuota haji, peningkatan wisatawan Timur Tengah ke Indonesia, perlindungan WNI di Arab Saudi, dan penandatanganan MoU sejumlah bidang bisnis. Kunjungan ini adalah kunjungan pertama kali Raja Arab Saudi selama kurun waktu 47 tahun yang lalu.

Raja Salman dan rombongan direncanakan akan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Rabu (1/3) disambut langsung oleh Presiden Jokowi. Namun sebelumnya, Selasa (28/2) dijadwalkan pangeran dan para delegasi terlebih dahulu mendarat untuk mematangkan persiapan kedatangan raja. Mereka menggunakan pesawat berbadan lebar Boeing 777 dan dua pesawat berbadan sedang Boeing 737-800.

Selama empat hari hari (1-4/3) rombongan berada di Jakarta membahas sejumlah pertemuan dengan pemerintah RI, termasuk akan berkunjung ke Gedung DPR/MPR di ruang sidang paripurna dan Masjid Istiqlal.

Seskab Pramono Anung mengatakan, Arab Saudi akan menyuntikkan investasi di Indonesia sebesar USD 25 miliar atau setara dengan Rp 332,5 triliun. Dalam kunjungan ini akan ditandatangani investasi perusahaan migas Saudi, Aramco senilai USD 6 miliar di Cilacap dan investasi lainnya.

Kemudian pada (4-9/3) seluruh rombongan akan berkunjung ke Bali untuk liburan. Paspampres, TNI, Polri, PT Angkasa Pura I, dan protokoler Kerajaan Arab Saudi terus mematangkan persiapan dan keamanan menjelang kedatangan rombongan dengan standar VVIP. Kedatangan dan kepulangan rombongan dipastikan tidak mengganggu penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma dan I Gusti Nugarah Rai.

Rombongan Kerajaan Arab Saudi akan menggunakan tujuh peswat khusus di Indonesia. Ketujuh pesawat yang digunakan, yakni dua pesawat Boeing 777/2, satu Boeing 747/1XP, satu Boeing 747/3, 1 Boeing 747-400, satu Boeing 757, dan satu pesawat jenis Hercules.

Selain itu juga rombongan membawa bahan makanan dan minuman, peralatan kantor, furnitur, dan mesin x-ray. Juga membawa dua unit Mercy S600 yang telah tiba di Halim Perdanakusuma pada Kamis (23/2) lalu. Dua Mercy S600 juga telah tiba di Denpasar pada Sabtu (18/2) dan dua eskalator elektrik untuk alat turun raja dari pesawat yang telah tiba terlebih dahulu pada Selasa dan Rabu (21-22/2) di Denpasar dan Jakarta.

EDITOR: Rizky

11 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER