Inilah Dampak Kunjungan Raja Salman bagi Pariwisata


JAKARTA – Para pengamat dan pegiat pariwisata di Indonesia menyambut gembira rencana  kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulazis Al Saud ke Jakarta pada 1-3 Maret 2017 dan berlanjut ke Bali pada 4-9 Maret 2017. Mereka melihat kunjungan ini sangat berdampak positif bagi industri pariwisata, khususnya perhotelan di Indonesia.

Salah satu alasannya adalah besarnya rombongan yang dibawa Raja Salman ke Indonesia. Dengan jumlah rombongan yang gemuk, tentu membutuhkan hotel-hotel yang cukup banyak. Ribuan kamar harus tersedia, terutama kamar-kamar dengan fasilitas VIP dan VVIP.

Ketua Persatuan Hotel Republik Indonesia (PHRI) Haryadi Sukamdani mengakui, kedatangan rombongan Raja Salman akan berpengaruh pada sektor perhotelan. Terutama di dua kota yang dikunjungi, yakni Jakarta dan Bali.

“Ini pasti ada dampak positifnya bagi dunia perhotelan di Bali dan Jakarta,” ujarnya, Senin (27/2).

Kabarnya, Raja Salman dan rombongan di Jakarta bakal menginap di beberapa hotel mewah yang tidak jauh dari Kedutaan Besar Arab Saudi. Kedubes ini letaknya di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.  Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah pun sempat menyatakan bahwa Raja Salman menginap di kawasan Kuningan.

Di kawasan Kuningan ini setidaknya ada tiga hotel bertaraf internasional dan super mewah. Ketiganya adalah Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Hotel JW Marriott, dan Hotel Raffles. Kabarnya, Raja Salman sudah memesan kamar senilai Rp 133 juta per malam untuk menginap selama di Jakarta. Namun, dimanakah hotel yang akan diinapi sang raja? Hingga kini belum ada kabar resmi.

Marketing Communicatios Executive Raffles Hotel Jakarta Monica Agusta mengakui bahwa hotelnya telah disewa oleh delegasi Kerajaan Arab Saudi. Namun ia belum mengetahui pasti siapa saja tamu-tamu yang akan menginap di hotelnya.

“Intinya kami siap melayani tamu pada umumnya,” jelasnya. Bahkan persiapan khusus untuk menyambut ribuan tamu berjalan normal saja. Demikian juga dengan soal makanan. Pihak hotel menyajikan berbagai jenis makanan namun semuanya harus halal. Selain itu, beberapa staf hotel yang fasih berbahasa Arab akan dilibatkan sebagai penerjemah.

EDITOR: Rizky

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bersama Prabowo-Sandi Wujudkan Pengelolaan Hutan Berbasis Keseimbangan Alam

Hutan hujan merupakan kunci dari perubahan iklim di dunia. Luas hutan hujan hanya 2% dari total luas daratan yang terbentang di Kongo, Indonesia dan Amazon. Kondisi ketiga wilayah hutan hujan tersebut saat ini cukup parah, sehingga diduga sebagai penyebab terjadinya perubahan iklim dan meningkatnya jumlah bencana berkali lipat.

Sikap PSI Tolak Perda Syariah Dapat Dikategorikan Anti Pancasila dan Konstitusi

Untuk masyarakat daerah yang mayoritas penduduknya menganut agama Islam, tentunya wajar bahkan wajib bagi mereka untuk memperjuangkan adanya Perda-Perda yang berdasarkan Syariat Islam di daerahnya. Jadi tidaklah tepat bila kita atau siapapun, partai politik manapun, kelompok manapun, bahkan pemerintah sekalipun ingin menghempang suatu Perda yang bernuansa Syariah.

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close