Panitia SBMPTN Sediakan Fasilitas Khusus untuk Peserta Difabel

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – Panitia pelaksana Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 di Panitia Lokal 50 Surabaya menfasilitasi peserta disabilitas untuk mengikuti ujian SBMPTN, Selasa (8/5).

Peserta berkebutuhan khusus yang ikut SBMPTN kali ini berjumlah 21 peserta, yang terdiri 7 tunanetra, 7 tunarungu dan 7 tunadaksa.

Sekertaris SBMPTN Panlok 50 Surabaya, Prof Jony Hermana mengatakan pihaknya telah menyediakan fasilitas khusus untuk peserta difabel, bahkan menyediakan petugas tersumpah yang bertugas membacakan naskah.

“SBMPTN berjalan dengan baik, untuk peserta yang berkebutuhan khusus tetap difasilitasi, namun kita tidak menyediakan naskah berhuruf braille, hanya saja petugas tersumpah untuk membantu membacakan dan mengisi jawaban dari naskah tersebur,” ujar Jony kepada wartawan di Surabaya, Selasa (8/5).

Menurut Rektor ITS ini, apa yang dilakukan panitia SBMPTN merupakan terobosan baru juga dengan menyediakan ruang khusus agar tidak mengganggu peserta lainnya.

“Kita menyediakan ruang khusus agar tidak menganggu peserta lainnya, kan pembaca soal tidak mungkin dilakukan suara pelan, maka kita pisahkan, karena modelnya dibacakan,” jelasnya. (Devan/Hrn)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Zero Black Out, Mampukah PLN?

Black out tidak disebut secara eksplisit. Hanya menjadi bagian jabaran risiko produksi/operasi yaitu kerusakan peralatan. Inilah  masalah pokoknya. Sesuatu yang berakibat fatal tidak diidentifikasi secara cukup dalam dokumen rencana stratejik jangka panjang PLN.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER

Bantah Keterangan Polisi, BPK Tegaskan Belum Pernah Audit Dana Kemah Pemuda Islam

Ternyata BPK menyatakan belum ada permintaan audit terkait kegiatan Apel dan Kemah Pemuda Islam 2017. Bahkan, BPK pun belum pernah melakukan ekspose terkait dugaan penyimpangan dana atas kegiatan tersebut yang menjerat Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak.

dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ