Berkat VAR, Wasit FIFA Rayakan Piala Dunia Tanpa Skandal

RUSIA, SERUJI.COID –┬áBos perwasitan FIFA merayakan apa yang mereka sebut sebagai Piala Dunia tanpa skandal bagi para ofisial pertandingan, Jumat (29/6), dan mengatakan bahwa sistem video tayang ulang telah membantu mencapai tingkat akurasi keputusan hingga 99,3 persen di babak penyisihan grup.

“Setelah 48 pertandingan, kami tidak menjumpai satu skandal pun, dan itu sangat penting,” kata direktur wasit FIFA, Massimo Busacca, kepada wartawan.

Piala Dunia di Rusia merupakan yang pertama menggunakan Video Asisten Wasit (VAR) untuk memantau pertandingan di layar televisi dan berkomunikasi dengan ofisial di lapangan.

VAR memeriksa keputusan yang berpotensi mengubah hasil pertandingan dan, jika mereka merasa wasit lapangan telah membuat keputusan yang salah, menyarankan dia meninjau insiden tersebut di monitor di sisi lapangan.

Pierluigi Collina, ketua komite wasit FIFA, mengatakan bahwa 95 persen dari keputusan awal yang diambil oleh wasit sudah benar, dan ini telah dinaikkan menjadi 99,3 persen berkat intervensi VAR.

Dia mengatakan bahwa 335 keputusan telah diperiksa dalam 48 pertandingan penyisihan grup dan ada 17 ulasan VAR – 14 di lapangan dan tiga oleh asisten VAR.

Namun, mantan wasit Piala Dunia asal Italia itu tidak akan mengomentari keputusan individu, seperti kegagalan untuk memberikan penalti kepada Serbia saat melawan Swiss ketika Aleksandar Mitrovic tampak ditahan oleh seorang pemain belakang.

“Sangat menarik bahwa Anda lebih tertarik pada 0,7 persen (keputusan salah) dan bukan 99,3 persen,” katanya menjawab satu pertanyaan “Saya pikir 99,3 persen (akurasi) adalah angka yang dapat diterima setelah 48 pertandingan ini.” (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bendera dan Krisis Kepemimpinan

Menurut vexillology, bendera bukan sekedar selembar kain biasa. Jika dia berkibar bebas di angkasa, bendera menginspirasikan semangat kepemimpinan tertentu yang sublim dan sulit dibayangkan oleh mereka yang jiwanya terjangkar oleh tanah di bumi.

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER