Wanita, Guru, Denpasar Barat

Assalamualaikum dok,

Ibu saya mempunyai riwayat diabetes kering, ibu saya sering sekali sakit kepala sebelah kiri hebat. Semalam ibu saya menggigil sampai saya pakaikan 3 selimut, disertai demam dan pusing.

Tadi pagi ibu saya tidur. Bangun pun masih pusing dan demam saya kompres dengan bulir bulir. Saat tidur selalu mangap dok, tidak seperti biasanya dan terkadang terdengar suara mendengkur.

Saya mau bawa ke dokter ibu nolak terus. Umur ibu saya 56 beratnya 45 tinggi 162.

Wassalam



Dijawab oleh;
dr. Irsyal Rusad, Sp PD, spesialis Penyakit Dalam.

Walaikumsalam wr, wb,

Bu, terimakasih atas pertanyaannya.

Pertama-tama saya ikut prihatin dengan penyakit yang diderita Ibunya, semoga Allah segera mengangkat penyakitnya.

Sebenarnya tidak ada istilah diabetes kering dalam Ilmu kedokteran. Klasifikasi diabetes yang umum adalah, adalah diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes “gestationa”.

Istilah diabetes kering memang sering saya dengar dari pasien secara langsung. Biasanya menggambarkan pasien diabetes mellitus (DM) yang tidak atau belum mengalami luka infeksi, atau kalau luka pada kaki misalnya lukanya akan sembuh.

Diabetes kering menurut istilah awam ini saya lihat malah berbahaya, karena ada anggapan bahwa diabetesnya tidak bermasalah, sehingga sering diabaikan, misalnya tidak perlu kontrol, tidak mau diet, tidak makan obat dan sebagainya. Padahal, dari pengalaman saya dengan pasien dengan diabetes kering menurut pasien, gula darahnya sering sangat tinggi. Karena gula darah yang tinggi ini pasien kemudian banyak buang air kecil, sehingga menyebabkan pasien mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Pasien juga kemudian kurus, dan rentan mengalami infeksi.

Lalu, saya lihat dari tinggi badan dan berat badan orang tua Anda, beliau sangat kurus. Ini biasanya disebabkan oleh gula darah yang tidak terkontrol dengan baik dalam waktu yang cukup lama, dan dehidrasi yang dialaminya.

Kemudian, keluhan pusing, sakit kepala, demam, kemungkinan besar juga berkaitan dengan gula darahnya yang tidak terkontrol itu atau komplikasi lainnya. Komplikasi infeksi, bisa pneumonia, infeksi saluran kemih atau infeksi yang lain juga dapat menyebabkan keluhan itu. Dan, Ibunda potensial mengalaminya.

Saran saya, bujuk Ibunda untuk segera konsultasi langsung ke dokter terdekat, lebih baik ke rumah sakit.

Terimakasih, semoga Ibunda segera membaik, dan mendapatkan pelayanan yang layak

Wassalam


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama