close

Sering Kesemutan dan Rasa Baal Diujung Jari Kaki

Pria, 53 tahun (8 September 2017)

Assalamu’alaikum dokter.

Saya laki laki berusia 53th, punya keluhan sering kesemutan dan merasa baal di ujung jari kaki kiri. Kira-kira apa penyebabnya dan solusinya? Apakah ada hubungannya dengan obat darah tinggi amlodipin 5mg yang saya minum tiap hari sekali 1 tablet atau tidak?

Terima kasih atas jawabannya. Semoga Allah membalas dokter, aamiin.

Wassalam,
Asep



Dijawab oleh:
dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis penyakit dalam.


Walaikumsalam wr. wb

Pak Asep (53) Yang saya hormati,

Sebelum saya menjawab, saya atas nama grup “Dokter SERUJI Menjawab” (DSM), mengucapkan banyak terimakasih karena bapak sudah berpartisipasi aktif dalam rubrik DSM ini. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita bersama.

Pak Asep, rasa kesemutan pada ujung jari kaki kiri dan kadang-kadang ada rasa baal, penyebabnya banyak. Mulai dari yang sederhana sampai dengan yang agak serius. Mulai dari hanya sekedar kelainan lokal syaraf, tekanan lokal pada jari-jari yang menyebabkan gangguan pembuluh darah, syaraf, misalnya karena menggunakan sepatu, atau trauma sebelumnya, sampai pada gangguan fungsi syaraf akibat penyakit sistemik seperti diabetes, penyakit kardiovaskuler, penyakit rematik dan lain sebagainya.

Saya tidak bisa menjawab lebih rinci apa sebenarnya penyebabnya, karena saya tidak tahu gejala-gejala yang menyertai keluhan bapak dan sifat kesemutan yang bapak rasakan.

Informasi mengenai lamanya bapak menderita keluhan ini, apakah sesaat, sesekali saja, atau terus menerus, kelainan lokal yang mungkin ada, faktor pencetusnya, dan penyakit sistemik yang mungkin juga bapak alami selain hipertensi diperlukan untuk memperkirakan kemungkinan penyebabnya. Untuk itu saya sarankan bapak untuk konsultasi lebih lanjut ke dokter setempat.

Mengenai kemungkinan akibat amlodipine 5 mg yang bapak konsusmi sebagai obat hipertensi, sejauh ini saya belum pernah membaca dapat mengakibatkan efek samping seperti itu. Teruskan saja obat anti hipertensi bapak.

Sementara, untuk membantu meringankan keluhan bapak ini, bapak sebaiknya olahraga yang teratur, melakukan massage (pijat) pada jari-jari yang mengalami kesemutan, merendamnya dengan air hangat, konsumsi sayuran serta buahan yang cukup. Kalau bapak juga mempunyai berat badan berlebih, sebaiknya turunkan berat badannya.

Juga menggunakan sepatu yang nyaman, tidak terlalu sempit, mudah-mudahan dapat membantu.

Terimakasih sekali lagi atas pertanyaannya, semoga bermanfaat.

Wassalam
Irsyal Rusad Dr Sp pd


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Inilah Para Dokter Pengasuh Rubrik Kesehatan SERUJI

SERUJI.CO.ID - Berikut adalah para dokter, total sampai saat ini 38 dokter speasilis yang pakar dibidangnya, mengasuh rubrik kesehatan SERUJI, yang kami beri nama...

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Sering Kesemutan dan Rasa Baal Diujung Jari Kaki

Pria, 53 tahun (8 September 2017) Assalamu'alaikum dokter. Saya laki laki berusia 53th, punya keluhan sering kesemutan dan merasa baal di ujung jari kaki kiri. Kira-kira...