Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Pria, 33 tahun, Buruh, Kalteng

Assalamualaikum wrwb,

Selamat pagi dok, saya sering mengalami kesemutan di tangan dari lengan hingga ujung jari, dan kaki dari lutut hingga ujung jari yang tak kunjung sembuh, sejak berusia 20th hingga sekarang. Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Begitu pula dengan kaki, apabila saya duduk bersila selama ±10 menit, kaki kesemutan dengan telapak seperti di tusuk-tusak dan di tengah-yengah telapak kaki terasa tertarik.

Gula darah saya normal dok, dan saya pernah mengkonsumsi obat neurotropi tapi sedikit pun tidak mengurangi penyakit yg saya derita. Atas jawaban yang dokter berikan saya ucapkan banyak terimakasih.

Terima Kasih,

Wassalam



oleh
dr Endang S.

Walaikumsalam wrwb

Bapak Darisman Yth, saya atas nama Dokter Seruji Menjawab (DSM) mengucapkan banyak terima kasih atas pertanyaan yang bapak ajukan.

Kesemutan yang dialami jika duduk bersila selama kurang lebih 10 menit yang kemudian segera normal kembali apabila kaki diluruskan merupakan kondisi yang masih dalam batas normal. Pada saat duduk bersila peredaran darah di daerah belakang lutut menjadi kurang lancar karena ada penekanan.

Peredaran darah yang kurang lancar akan berakibat pengiriman nutrisi ke bagian syaraf tepi didaerah kaki menjadi terhambat sehingga kerja syaraf menjadi tidak optimal yang ditandai dengan rasa kesemutan.

Apabila kaki diluruskan maka penekanan pada pembuluh darah di area belakang lutut akan menghilang sehingga peredaran darah bisa lancar kembali sehingga nutrisi syaraf perifer bisa terpenuhi lagi dan syaraf bisa bekerja optimal kembali yang pada akhirnya rasa kesemutan bisa menghilang.

Untuk kasus telapak tangan hanya digunakan memegang stang saat mengendarai motor selama 10 menit sudah muncul kesemutan hal ini sudah perlu dicurigai adanya gangguan pembuluh darah perifer di bagian tangan. Gangguan yang bapak alami masih tergolong ringan karena kesemutan langsung bisa pulih apabila pegangan stang dilepas.

Kecurigaan saya ada gangguan ringan di pembuluh darahnya bukan di pembuluh syarafnya. Ada beberapa hal yang meyebabkan gangguan di pembuluh darah diantaranya kadar gula darah yang di atas normal.

Namun berdasarkan keterangan bapak bahwa kadar gula darah normal maka faktor ini bisa dihilangkan, mari kita cari penyebab lainnya. Saya sarankan bapak cek kadar LDL (dalam bahasa awam disebut kolesterol jahat), bila kadar LDL (low density lipoprotein) tinggi silakan perbaiki pola makan dengan mengurangi makanan berlemak (misal gorengan, sayur bersantan dll) dan perbanyak konsumsi makanan berserat (buah dan sayur.

Kadar LDL yang diatas normal bisa menimbulkan plak pada pembuluh darah yang bisa mengganggu kelancaran peredaran darah.

Selain itu biasakan berolahraga secara tertatur, karena berolahraga bisa meningkatkan kelancaran sirkulasi darah.

Silakan bapak lakukan saran saya diatas dan lihat perkembangannya dalam waktu dua bulan ini, bila keluhan masih saja menetap, saya sarankan bapak ke ahli fisioterapi untuk dilakukan diathermy atau bisa juga terapi infrared.

Demikian jawaban dari saya, semoga bermanfaat.

Wassalam
dr Endang


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Inilah Para Dokter Pengasuh Rubrik Kesehatan SERUJI

SERUJI.CO.ID - Berikut adalah para dokter, total sampai saat ini 38 dokter speasilis yang pakar dibidangnya, mengasuh rubrik kesehatan SERUJI, yang kami beri nama...

TERPOPULER

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?