Anak Mudah Tersinggung dan Hilang Kontrol, Apa Yang Harus Dilakukan Ortu?

Wanita, 15 Tahun, Pelajar, Jombang

Assalamualaikum wrwb

Anak saya pelajar, wanita, umur 15 tahun, sudah berjalan 2 bulan, berobat jalan di RJS Lawang, Malang. Tapi dia masih besar ketersinggungan, kesalah pahaman dalam menerima omongan dan perkataan orang lain. Dan yg paling sering diinginkan, sekolah. Karna sampai sekarang belum saya ijinkan sekolah, mengingat kondisi fisiknya lemah, tanganya masih gemetar dan mudah lemas/ngantuk. Selain itu kami kawatir akan ketersinggunganya yang berlebih tadi.

Pertanyaan;

  • Bagaimana cara menanggulangi kejenuhan, jengkel dan hilangnya kontrol pikiran/labil berpikir?
  • Sebagai orang tua, apa yg harus kami lakukan?
  • Mungkin bisa diajak konseling, dan dimana tempat disekitar Jombang ? Dan maaf, untuk biayanya berapa?

Sekian dan terima kasih,atas perhatianya

Wassalam



Dijawab oleh:
dr. Antina Nevi Hidayati SpKJ, spesialis Kejiwaan


Walaikumsalam wr. wb

Masih dalam suasana peringatan hari kesehatan jiwa sedunia, 10 Oktober 2018, yang mengusung tema “ Young People and mental health in a changing world ”, perkenankan saya menyampaikan salam kepada orangtua Firda, yang telah dengan telaten mengasuh dan merawat Firda hingga remaja.

Firda kemungkinan mengalami gejala sisa ADHD/ADD yang masih nampak pada usia remaja. Bapak/Ibu dapat berkonsultasi dengan psikiater dan psikolog di RSUD Kabupaten Jombang untuk tatalaksana Firda secara menyeluruh.

Terapi obat, intervensi psikososial, termasuk di dalamnya terapi okupasi, terapi perilaku, dan pemilihan sekolah yang sesuai dengan kondisinya, dapat direncanakan secara lebih detil pada saat berkonsultasi. Semoga bermafaat.

Lengkapnya terkait ADHD dapat dibaca di sini: Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (ADHD)

Semoga bermanfaat,

Wassalam
dr. Antina Nevi Hidayati, SpKJ.


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Takut Komplikasi Diabetes? Ketahuilah Kadar Gula Darah Anda

Merasa badan tidak enak, dan kalau gula darah dirasakan tinggi. “Hhmm, apa gula darah yang tinggi dapat dirasakan,” bisik saya dalam hati.

Serangan Jantung, Tidak Hanya Disebabkan Oleh Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang penting sebagai faktor risiko, penyebab serangan jantung, tapi perlu diketahui bahwa kolesterol tidak berdiri sendiri, ada faktor risiko lain.

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?

Inilah Para Dokter Pengasuh Rubrik Kesehatan SERUJI

SERUJI.CO.ID - Berikut adalah para dokter, total sampai saat ini 38 dokter speasilis yang pakar dibidangnya, mengasuh rubrik kesehatan SERUJI, yang kami beri nama...

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Sering Kesemutan dan Rasa Baal Diujung Jari Kaki

Pria, 53 tahun (8 September 2017) Assalamu'alaikum dokter. Saya laki laki berusia 53th, punya keluhan sering kesemutan dan merasa baal di ujung jari kaki kiri. Kira-kira...

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?