Telinga Berdengung, Sakit Apakah?

Pria, 38 tahun, Swasta, Depok

Assalamualaikum wrwb

Dear Dokter Seruji.

Sudah seminggu ini saya merasakan telinga kiri dan kanan selalu berdengung kecil, akan terdengar jelas bila di ruang yang hening, dan keseimbangan seperti berkurang, kira-kira apa penyebab nya, dan apakah ada jenis penyakit tertentu seperti yang saya alami ini.

Terima Kasih,

Wassalam



oleh
dr. Asmawati Adnan MU, Sp THT-KL, dokter spesilasis THT-KL


Walaikumsalam wrwb

Gangguan keseimbangan dan tinnitus (bunyi abnormal yang didengar penderita yang berasal dari dalam kepala) bisa disebabkan adanya masalah di telinga dalam.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor antara lain gangguan pembuluh darah ke telinga dalam, contohnya penyempitan pembuluh darah (vasokontriksi), sumbatan pembuluh darah baik karena bekuan atau emboli, atau pecahnya pembuluh darah sehingga organ yang diperdarahi mengalami gangguan suplai makanan dan oksigen.

Bisa juga karena infeksi yang mengganggu pembuluh darah, penyebab lain adalah obat obatan atau benturan pada kepala.

Perlu diketahui bahwa telinga kita terdiri dari 3 bagian yaitu telinga luar, telinga tengah dan telinga dalam. Telinga luar yaitu mulai dari daun telinga sampai gendang telinga. Telinga tengah mulai dari belakang gendang telinga sampai tulang tulang pendengaran. Dan telinga dalam terdiri dari rumah siput dan organ vestibuler (organ yang mengatur fungsi keseimbangan).

Saat ada gangguan di bagian telinga dalam maka penderita akan mengeluh adanya sensasi dengar seperti bunyi dengung atau denging dan kadang disertai gangguan keseimbangan.

Karena demikian banyaknya kemungkinan, untuk memastikan penyakit apa yang sedang dialami, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter ahli THT terdekat.

Wassalam
Dr Asmawati SpTHT


Bagi pembaca SERUJI yang ingin konsultasi ke “Dokter SERUJI Menjawab” silahkan menuju ke sini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Inilah Para Dokter Pengasuh Rubrik Kesehatan SERUJI

SERUJI.CO.ID - Berikut adalah para dokter, total sampai saat ini 38 dokter speasilis yang pakar dibidangnya, mengasuh rubrik kesehatan SERUJI, yang kami beri nama...

TERPOPULER

Sudah 2 Minggu Jari Kaki Terasa Kebas, Apa Sebabnya?

Wanita, 46 tahun, Karyawan, Palembang Assalamualaikum wrwb, Saya mau nanya dok, Mengapa jari kaki saya berasa kebas/baal sdh 2 minggu dan ga hilang kebasnya .. sy sdh...

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Wanita Muda Kaki Sering Kesemutan dan Perut Bagian Bawah Sakit, Gejala Apa?

Dokter, sudah 4 hari ini kaki saya terasa kebas dan gampang kesemutan. Juga perut saya bagian bawah terasa sakit. Kira-kira sakit apa ya dok?