Masjid Cheng Hoo Bukan Hanya Tempat Ibadah

Di wilayah yang disinggahi, melalui kegiatan perdagangan, agama Islam secara tidak langsung diperkenalkan karena diyakini memberikan kebaikan dan kedamaian bagi penduduk setempat.

Menurut catatan sejarah, Cheng Hoo mengunjungi kepulauan di Indonesia sebanyak tujuh kali. Ketika ke Samudera Pasai, ia a memberi lonceng raksasa “Cakra Donya” kepada Sultan Aceh, yang kini tersimpan di museum Banda Aceh.

Pada 1415, Cheng Hoo berlabuh di Muara Jati (Cirebon), dan menghadiahi beberapa cindera mata khas Tiongkok kepada Sultan Cirebon. Salah satu peninggalannya, sebuah piring yang bertuliskan ayat Kursi masih tersimpan di Keraton Kasepuhan Cirebon.

Suatu kali dalam perjalanannya melalui Laut Jawa, Wang Jinghong yang merupakan orang kedua dalam armada Cheng Hoo sakit keras dan akhirnya turun di pantai Simongan, Semarang, dan menetap di sana.

Satu satu peninggalan rombongan Cheng Ho tersebut adalah Kelenteng Sam Po Kong (Gedung Batu) serta patung yang disebut Mbah Ledakar Juragan Dampo Awang Sam Po Kong.

Tidak salah jika pihak Persatuan Islam Tionghoa Indonesia menempatkan Cheng Hoo sebagai tokoh panutan karena sikapnya yang arif dan bijaksana dalam memimpin, serta datang dengan misi yang penuh kedamaian.

Untuk mengenang perjalanan Cheng Hoo, Pemerintah Kota Palembang membuat replika kapal yang terbuat dari kayu dengan ukuran 17×2 meter dan ditempatkan Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS).

Melihat sejarah unik Cheng Hoo selama di Palembang, masjid dan replika kapal tersebut diharapkan akan menjadi salah satu daya tarik bagi tamu Asian Games pada 18 Agustus sampai 2 September 2018 mendatang. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Prabowo Subianto, “What Is To Be Done”: Catatan atas Pidato Prabowo

Pidato Prabowo Subianto menggelegar di bumi nusantara kemarin malam. Jutaan atau puluhan juta menyaksikan pidato visi-misi tersebut. Dari sisi pidato, Prabowo luar biasa, mampu sebagai "singa podium", yang menjelaskan pikiran-pikirannya seolah berinteraksi dengan suasana audiens dan seolah tanpa teks.

Israel Kembali Serang Gaza, 10 Tewas

SERUJI.CO.ID - Tentara pendudukan Israel telah melakukan beberapa serangan...

Inilah 4 Jenis Nazhir: Anda Masuk Kategori Manakah?

Oleh: Imam Nur Azis Komisioner Badan Wakaf Indonesia (BWI) 2017-2020 SERUJI.CO.ID...

Janganlah Menyebut Nama Rasulullah Muhammad SAW Tanpa Gelar

SERUJI.CO.ID - Memanggil Rasulullah Muhammad sholallahu 'alaihi wassallam (SAW)...

Menua: Agar Otak Tak Ikut Beruban

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Dalam perjalanan...

Ngotot Pertahankan Mardani Maming sebagai Bendum, Kantor PBNU Bisa Diperiksa KPK

Dengan tidak menonaktifkan, mau tak mau PBNU terkait dengan Mardani yg saat ini buron. Maka jangan salahkan KPK jika nanti dalam proses pencarian Mardani akan memeriksa kantor PBNU.

Turunkan Berat Badan Sedikit, Manfaatnya Banyak.

oleh dr. Irsyal Rusad, Sp PD, dokter spesialis Penyakit Dalam. Menurunkan berat...

TERPOPULER