Satelit Telkom 3S Sukses Mengorbit

JAKARTA – Satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, Rabu (15/2), pukul 04.39 WIB sukses meluncur dari Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Prancis, menuju orbitnya. Peluncuran Satelit Telkom 3S berlangsung sesuai jadwal yang dipusatkan dari ruang kendali Jupiter Control Center, Guiana Space Center.

Dengan hitungan mundur dan tepat pukul 04.39 WIB, roket peluncur Ariane 5 mulai mengangkasa setelah lepas dari launch pad, membawa satelit Telkom 3S menuju slot orbit 118 bujur timur.

Peluncuran Satelit Telkom 3S di Prancis, disaksikan langsung oleh Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, sejumlah direksi dan komisaris Telkom, perwakilan pejabat Kementerian Kominfo dan Kementerian BUMN.

“Fantastis. Selamat dan terima kasih atas kerja keras Thales dan Arianespace. Beban di pundak saya berkurang,” kata Alex dalam sambutannya setelah peluncuran selesai. Ia mengharapkan Satelit Telkom 3S dapat meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan internet di Indonesia dengan populasi penduduk yang besar.

Detik-detik peluncuran Satelit Telkom 3S juga disaksikan oleh Menkominfo Rudiantara, dari Gedung Telkomsel Smart Office, Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Pada kesempatan itu, sejak dini hari hingga subuh Rudiantara bersama ratusan karyawan Telkom Grup ikut menjadi saksi peluncuran Satelit Telkom 3S dari layar monitor berukuran raksasa.

Rudiantara mengapresiasi kerja keras Telkom hingga sukses meluncurkan Satelit Telkom 3S. “Prestasi Telkom meluncurkan satelit yang ke sembilan ini juga merupakan prestasi Indonesia,” katanya.

Rudiantara mengharapkan dengan meluncurnya Satelit Telkom 3S, bisnis satelit di Indonesia tetap berkembang. “Untuk menjangkau daerah-daerah terpencil di seluruh Nusantara tidak bisa hanya mengandalkan kabel, namun juga harus melalui satelit,” ujarnya.

Satelit Telkom 3S akan menempati slot orbit 118 derajat bujur timur, di atas Pulau Kalimantan yang ditempati oleh Satelit Telkom 2. Satelit Telkom 3S diproduksi oleh Thales Alenia Space (TAS) milik Prancis, dengan roket peluncuran Ariane 5 ECA VA235 milik perusahaan peluncuran satelit Arianspace Europa.

EDITOR: Rizky

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER