Tertawalah, Jantung Anda-pun Akan Tersenyum

SERUJI.CO.ID – Berapa kali kita tertawa, senyum setiap hari? Pernah menghitungnya? Saya yakin kita tidak pernah melakukannya. Yang Saya yakini adalah semakin bertambah usia kita frekuensi kita tertawa itu akan semakin berkurang.

Waktu anak-anak dulu menurut penelitian kita akan tertawa antara 100 dan 400 setiap hari. Tetapi, setelah dewasa, dan stress mulai mengisi kehidupan kita, frekuensi kita tertawa akan jauh menurun, hanya antara 5 dan 15 kali dalam sehari. Pada saat kita sakit, ketika terbaring tidak berdaya, mungkin tidak akan pernah tertawa lagi

Tertawa, gelak, senyum tidak hanya sekedar ekspresi senang, bahagia yang terlihat pada mimik-raut muka kita, yang terdengar dari suara terkekeh, senang yang keluar dari mulut kita, tapi juga berpengaruh terhadap kesehatan kita secara keseluruhan.

Tertawa, senyum juga akan mempengaruhi hubungan kita dengan siapapun juga. Dengan tertawa, senyum hubungan kita akan semakin baik dan mencair.

Ketika kita tertawa, sepertihalnya anda olahraga, tidak hanya otot-otot muka kita yang aktif, jantung, paru, otot-otot dada, perut juga terpacu untuk kontraksi lebih cepat. Jantung akan berdetak sedikit lebih cepat, paru-paru juga demikian, kita akan bernafas lebih dalam dan kencang. Tekanan darah juga akan naik sedikit, tetapi kenaikan tekanan darah bersifat sementara, dan, kemudian akan turun dan jadi stabil.

Tidak salah, tertawa, ada penulis yang mengatakan adalah obat terbaik untuk segala penyakit, karena begitu banyak manfaatnya untuk kesehatan. Secara garis besar saja, tertawa dapat memperbaiki mood, meningkatkan perasaan senang, bahagia dan sejahtera seseorang, mengurangi perasaan tertekan, depresi, marah, stress, menurunkan tekanan darah, melatih jantung, memperkuat sistem kekebalan, mengurangi nyeri. Tertawa juga akan mempermudah anda tidur dan tidur lebih nyenyak dan dalam

Nah, untuk melihat pengaruh tertawa ini terhadap proteksi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat stress, kardiolog Michael Milller dan koleganya di University of Maryland School of Medicine melakukan penelitian dengan meminta kelompok voluntir untuk menonton tayangan komedi, dan mempelajari pengaruhnya.

Didapatkan bahwa tertawa menyebabkan pembuluh darah pelakunya menjadi rileks, dan aliran darahnya meningkat sebesar 25 persen, kira-kira sama dengan keadaan olahraga ringan. Sebaliknya, bila voluntir ini disuruh menonton tayangan drama yang menegangkan, aliran darahnya berkurang sepertiganya, efek ini sama dengan seseorang yang melakukan sesuatu yang sangat menekan, menegangkan.

Tertawa, disertai dengan sifat humoris seseorang, dapat memberikan efek proteksi terhadap serangan jantung, dan mencegah penyakit jantung.

Pengaruh positif tertawa terhadap jantung juga ditunjukkan dalam suatu penelitian pada mereka yang menjalani program rehabilitasi jantung setelah sebelumnya mengalami serangan jantung. Mereka dibagi jadi dua grup, grup pertama yang terdiri dari 24 pasien diminta untuk menonton video komedi 30 menit setiap hari selama 1 tahun, dan grup lain tidak melakukannya. Dari penelitian ini didapatkan hanya 2 pasien pada grup pertama yang setiap harinya menonton video komedi yang mengalami serangan jantung kembali, dan sebaliknya 10 pasien pasien yang tidak menonton video komedi kembali mengalami serangan jantung (Conquering Heart Attacks and Strokes, Reader’s Digest)

Jadi, sering-seringlah tertawa, tebarlah senyum anda. Menurut hadis Rasulullah, senyum yang menjadi sedekah itu ternyata juga akan membuat jantung anda lebih sehat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER