Perlengkapan yang Wajib Dipersiapkan untuk Menyambut Buah Hati

Menunggu kelahiran buah hati adalah masa-masa yang mendebarkan. Dan mempersiapkan kebutuhannya dapat memberi semangat yang luar biasa. Terutama untuk Anda yang sedang menunggu kehadiran anak pertama.

Belanja perlengkapan bayi memang menyenangkan, tapi jangan sampai Anda membeli perlengkapan terlalu banyak sehingga tidak terpakai atau mubazir. Hal tersebut disebabkan bayi yang usianya dibawah 1 tahun cepat sekali bertumbuhnya. Seringkali juga Ibu membeli perlengkapan yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, dibeli karena terpikat oleh model dan warnanya yang lucu.

Berikut adalah perlengkapan yang harus Anda persiapkan untuk kelahiran si kecil:

1. Baju Bayi

Untuk pakaian bayi, pilihlah dari bahan yang lembut dan menyerap keringat. Karena bayi cenderung lebih sering berkeringat, terutama setelah menyusui. Hindari pakaian motif yang jahitannya tembus sampai bagian dalam baju sehingga membuat bayi menjadi tidak nyaman. Belilah secukupnya baik yang lengan panjang ataupun yang lengan pendek lengkap dengan celananya, sehingga dapat digunakan sesuai kondisi.

2. Pakaian Tambahan Bayi

Pakaian tambahan ini juga perlengkapan yang harus Anda beli, yaitu beberapa sarung tangan, kaos kaki, topi, dan jaket/mantel. Perlengkapan ini untuk melindungi bayi dari kondisi udara dingin.

3. Popok Bayi

Untuk bayi baru lahir, sebaiknya gunakan popok kain. Untuk popok kain ini kebutuhannya cukup banyak. Bayi baru lahir membutuhkan sekitar 8 – 10 popok dalam 1 hari. Jangan biarkan bayi Anda tidak nyaman dengan popok yang sudah basah. Karena popok kotor akan membuat kulit bayi rentan iritasi. Persiapkan juga kapas atau tissue basah untuk membersihkannya.

4. Perlengkapan Mandi

Untuk mandi bayi, Anda dapat mempersiapkan bak mandi khusus, perlak, sabun dan shampo, washlap, dan handuk.

5. Perlengkapan Kesehatan

Termometer adalah alat kesehatan yang paling utama yang harus Anda miliki. Selain itu, Anda juga dapat mempersiapkan perlengkapan lainnya seperti kain kassa untuk mengganti kain kassa penutup pusar, Betadine, sisir, gunting kuku, dan sedotan ingus apabila bayi Anda mengalami *flu*.

6. Perlengkapan minum susu/stok ASIP

Meskipun Anda berencana untuk memberikan ASI ekslusif kepada bayi Anda. Sebaiknya Anda tetap menyediakan botol susu. Terutama bagi ibu yang harus memberikan bayinya susu formula. Pilihlah botol susu yang sudah *BPA free* sehingga aman untuk bayi. Persiapkan pula pembersih botolnya.

Untuk stok ASIP, Anda dapat menggunakan botol kaca atau plastik ASI.

7. Kebutuhan tidur bayi.

Anda bisa memutuskan apakah bayi Anda akan tidur terpisah atau bersama-sama dengan Anda. Untuk tidur terpisah, Anda bisa membeli sebuah box bayi. Tapi seringkali box bayi ini tidak terpakai, karena Ibu lebih sering tidur dengan bayinya. Siapkan selimut dan kelambu. Anda dapat mempersiapkan beberapa jenis selimut/kain lebar, yaitu selimut yang cukup tebal, selimut yang tipis (selimut yang biasa disebut kain bedong), dan selimut atau kain yang berfungsi sebagai alas ompol.

8. Perlengkapan berpergian.

Untuk berpergian, Anda dapat membawa tas ukuran sedang yang dapat menampung perlengkapan bayi selama Anda berada di luar rumah. Pilih juga gendongan yang nyaman untuk Anda dan bayi Anda. Perlengkapan tersebut, perlengkapan wajib yang harus ada di rumah untuk kebutuhan awal Anda menyambut buah hati. Anda dapat menambahnya seiring berjalannya waktu.

CJ & FOTO: Mira Saraswati
EDITOR: Iwan Y

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER