Skandal Pelanggaran Data Pengguna, Israel Selidiki Facebook

JERUSALEM, SERUJI.CO.ID –┬áIsrael sedang menjalankan penyelidikan terhadap Facebook Inc. mengenai kemungkinan pelanggaran kerahasiaan data pribadi milik rakyat, kata Kementerian Kehakiman, Kamis (22/3).

Penyelidikan dilakukan setelah berbagai laporan muncul bahwa perusahaan konsultan Inggris, Cambridge Analytica, telah secara tidak benar mendapatkan data para pengguna Facebook.

“Penyelidikan akan dipusatkan pada upaya untuk mengetahui apakah data pribadi rakyat Israel telah secara ilegal digunakan, yang merupakan pelanggaran terhadap kerahasiaan pribadi dan aturan-aturan seperti yang ditetapkan Undang-undang Kerahasiaan Pribadi Israel”, kata kementerian dalam pernyataan.

Menurut peraturan hukum Israel, kata kementerian itu, data pribadi hanya bisa digunakan untuk tujuan tertentu dan sepengetahuan orang yang bersangkutan.

Jaringan media sosial terbesar dunia tersebut sedang menghadapi peningkatan pengawasan oleh pemerintah negara-negara di kawasan Eropa dan Amerika Serikat.

Pengawasan lebih ketat dilakukan setelah muncul tuduhan oleh seorang pembocor rahasia bahwa Cambridge Analytica telah secara tidak benar mendapatkan informasi para pengguna untuk membuat gambaran soal para pemilih Amerika, yang kemudian digunakan untuk membantu Donald Trump terpilih sebagai Presiden Amerika Serikat pada 2016.

Pemimpin Perusahaan Facebook Mark Zuckerberg telah menjanjikan akan mengambil langkah-langkah lebih ketat untuk mencegah informasi para pengguna dapat diakses orang lain.

Baik Facebook maupun Cambridge Analytica menyalahkan ilmuwan yang memberikan data itu, Aleksandr Kogan.

Kogan mengumpulkan data-data dengan menyebarkan jajak pendapat melalui aplikasi di Facebook.

Kogan mengatakan bahwa dirinya dijadikan kambing hitam. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Reuni 212, Aksi Yang Berat Terasa Ringan

Aksi reuni 212 tahun 2018 ini bukan hanya dihadiri oleh kaum muslimin, tapi juga oleh pemuka lintas agama. Sebuah spirit yang sangat besar pengaruhnya untuk perubahan bangsa ke depan. Ini sebuah bukti lagi, bahwa umat islam bukan pecundang. Umat Islam bukan teroris pemecah belah bangsa, umat islam bukan anti kebhinnekaan .....

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER