Kampus Google akan Hadir di Surabaya

2
66
Kampus Google yang berada di Seoul, Korea Selatan.

SURABAYA – Surabaya tertarik untuk bersaing merebut Kampus Google di tahun depan. Diharapkan dengan adanya kampus tersebut bisa menjadi pengembangan startup di sektor bisnis internet bagi warga kota. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di hadapan awak media di ruang kerjanya, Rabu (22/2).

Risma menyebutkan, data dari provider Telkomsel, pengguna internet di Kota Surabaya merupakan terbesar se-Indonesia. Untuk itu, dirinya ingin membangun Kampus Google di kota Pahlawan ini.

“Kenapa aku berani ngomong seperti ini, karena data dari Telkomsel  pengguna internet di Surabaya terbesar seluruh Indonesia. Sehingga kampus Google sangat kompetitif jika dibangun di Surabaya,” papar Risma.

Impian ini, menurut Risma, rencananya akan diusulkannya pada gelar Startup Nation Summit 2017 di bulan Agustus mendatang. Ia menjelaskan, konferensi international akan diselenggarakan di Johannesburg Afrika Selatan.

“Aku berani karena itu salah satunya. Ini artinya, orang-orang Surabaya sangat well informed terhadap teknologi informasi,” tegasnya lagi.

Syarat agar bisa merebut Kampus Google itu, lanjut Risma, dia harus bisa kompetitif dengan negara-negara lain. Di Johannesburg, Risma ditunjuk sebagai salah satu pembicara, sehingga momen itu akan dimanfaatkan untuk menarik Kampus Google di tahun depan.

“Aku dikonferensi itu jadi salah satu pembicara, makanya aku akan narik untuk 2018. Aku yakinkan orang-orang itu, karena mereka Startup Nations Summit. Seluruh dunia tak tarik ke Surabaya, biar mereka yakin Kampus Google dibangun di sini,” ungkapnya.

Risma menambahkan, keputusan terkait Kampus Google di Surabaya ini, akan diketahui setelah bulan Agustus nanti. Sedang untuk meyakinkan Surabaya layak, ia juga akan mengundang pihak conference foundation, yang sudah bergerak puluhan tahun di bidang penelitian.

Conference foundation itu mau tak tarik di Surabaya di bulan Agustus. Dia bisa lihat Surabaya Agustus nanti, tapi aku harus diundang dan datang di Johannesburg nanti. Keputusan terakhir di bulan Agustus nanti, juga melalui survei, ke sini melihat kita bikin apa?,” tambahnya..

Info yang dihimpun oleh Pemkot Surabaya, Google saat ini telah membangun kampus di London, Inggris, Tel Aviv, Israel dan terakhir di Seoul, Korea Selatan ditahun 2015. Di Asia Tenggara sendiri, Kampus Google belum didirikan.

Kampus Google merupakan pusat pengembangan startup di sektor bisnis berbasis internet. Di kampus ini, para pengusaha startup bisa saling berbagi dan belajar bisnis dari para ahli Google. Termasuk pengembangan pemanfaatan teknologi, monetasi, dan pemasaran.

EDITOR: Rizky

BAGIKAN
loading...

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA TERBARU

rohingya, myanmar

AS Sebut Tindakan Myanmar Terhadap Rohingya Pembersihan Suku

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID - Amerika Serikat pada Rabu (22/11) menyebut tindakan tentara Myanmar terhadap warga Rohingya pembersihan suku dan mengatakan akan mempertimbangkan hukuman bagi pihak...
Stasiun Cipeundeuy

Banjir dan Longsor Terjang Jalur Kereta Api di Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Banjir dan tanah longsor menerjang beberapa titik jalur rel Kereta Api di wilayah Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11),...
Stasiun Cipeundeuy

Rel Tertutup Longsor, Empat Kereta Api Tertahan di Garut

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Jalur selatan kereta api tertutup longsoran tanah di KM231, Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Rabu (22/11) malam, akibatnya empat pemberangkatan...

KANAL WARGA TERBARU

Setan Pendidikan yang Bernama Kompetisi

Oleh Muhammad Hanif Priatama Bagaimana cara kebanyakan orangtua mengetahui seberapa baik anaknya di sekolah saat ini? Jawabannya : RANGKINGNYA! Ya, tidak ada sarana yang paling...
KH. Luthfi Bashori

Pilih Mancung atau Pesek?

KH. Luthfi Bashori Seseorang yang berpakaian islami itu menunjukkan imannya MANCUNG di sisi Allah. Sedangkan menanggalkan pakaian islami itu adalah perbuatan orang yang PESEK imannya...
images lpdp

Contoh Essai LPDP: Sukses Terbesar dalam Hidupku

Beasiswa LPDP menjadi pilihan bagi para penuntut ilmu yang ingin melanjutkan pendidikannya pada level Master dan Doktoral, baik di Dalam maupun Luar Negeri. Salah...