Kampus Google akan Hadir di Surabaya

SURABAYA – Surabaya tertarik untuk bersaing merebut Kampus Google di tahun depan. Diharapkan dengan adanya kampus tersebut bisa menjadi pengembangan startup di sektor bisnis internet bagi warga kota. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Surabaya Tri Rismaharini di hadapan awak media di ruang kerjanya, Rabu (22/2).

Risma menyebutkan, data dari provider Telkomsel, pengguna internet di Kota Surabaya merupakan terbesar se-Indonesia. Untuk itu, dirinya ingin membangun Kampus Google di kota Pahlawan ini.

“Kenapa aku berani ngomong seperti ini, karena data dari Telkomsel  pengguna internet di Surabaya terbesar seluruh Indonesia. Sehingga kampus Google sangat kompetitif jika dibangun di Surabaya,” papar Risma.

Impian ini, menurut Risma, rencananya akan diusulkannya pada gelar Startup Nation Summit 2017 di bulan Agustus mendatang. Ia menjelaskan, konferensi international akan diselenggarakan di Johannesburg Afrika Selatan.

“Aku berani karena itu salah satunya. Ini artinya, orang-orang Surabaya sangat well informed terhadap teknologi informasi,” tegasnya lagi.

Syarat agar bisa merebut Kampus Google itu, lanjut Risma, dia harus bisa kompetitif dengan negara-negara lain. Di Johannesburg, Risma ditunjuk sebagai salah satu pembicara, sehingga momen itu akan dimanfaatkan untuk menarik Kampus Google di tahun depan.

“Aku dikonferensi itu jadi salah satu pembicara, makanya aku akan narik untuk 2018. Aku yakinkan orang-orang itu, karena mereka Startup Nations Summit. Seluruh dunia tak tarik ke Surabaya, biar mereka yakin Kampus Google dibangun di sini,” ungkapnya.

Risma menambahkan, keputusan terkait Kampus Google di Surabaya ini, akan diketahui setelah bulan Agustus nanti. Sedang untuk meyakinkan Surabaya layak, ia juga akan mengundang pihak conference foundation, yang sudah bergerak puluhan tahun di bidang penelitian.

Conference foundation itu mau tak tarik di Surabaya di bulan Agustus. Dia bisa lihat Surabaya Agustus nanti, tapi aku harus diundang dan datang di Johannesburg nanti. Keputusan terakhir di bulan Agustus nanti, juga melalui survei, ke sini melihat kita bikin apa?,” tambahnya..

Info yang dihimpun oleh Pemkot Surabaya, Google saat ini telah membangun kampus di London, Inggris, Tel Aviv, Israel dan terakhir di Seoul, Korea Selatan ditahun 2015. Di Asia Tenggara sendiri, Kampus Google belum didirikan.

Kampus Google merupakan pusat pengembangan startup di sektor bisnis berbasis internet. Di kampus ini, para pengusaha startup bisa saling berbagi dan belajar bisnis dari para ahli Google. Termasuk pengembangan pemanfaatan teknologi, monetasi, dan pemasaran.

EDITOR: Rizky

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER