Warga Palestina Serukan Boikot Pizza Hut

PALESTINA – Warga Palestina memprotes keras tindakan restoran cepat saji Pizza Hut Israel karena telah menampilkan gambar dan tulisan dalam akun media sosial Facebook mereka pada 8 Mei 2017 yang menyindir aksi mogok makan warga Palestina yang ditahan penjara Israel.

“Barghouti, jika Anda ingin menghentikan aksi mogok makan itu, kenapa tidak coba pizza?” tulis Pizza Hut dalam akunnya seraya menyelipkan gambar editan dari cuplikan rekaman kamera pengawas yang dirilis oleh penjara Israel, seperti dilansir dari laman Al-Jazeera, Rabu (10/5).

Selain itu mereka juga mengedit foto dengan menambahkan gambar 1 dus Pizza Hut, dan potongan pizza.

Unggahan itu kontan memicu kemarahan publik khususnya rakyat Palestina. Mereka mengajak netizen lain untuk bersama-sama memboikot Pizza Hut. Tagar #Boycott_PizzaHut ramai disebar netizen sebagai ungkapan kemarahan.

Gerakan Boycott, Divestment, and Sanctions (BDS) telah menyerukan boikot secara global akan gerai Pizza Hut yang telah menyindir para tahanan dan mendukung okupasi Israel di Tepi Barat, wilayah Palestina.

Mendapat reaksi sedemikian rupa dari netizen, melalui akun resmi media sosial Facebooknya, pihak Pizza Hut memutuskan untuk menyatakan permintaan maaf atas ‘iklan yang tidak pantas’ tersebut dan mengatakan bahwa hal itu tidak merefleksikan nilai brand Pizza Hut. Mereka juga telah menghapus post tersebut dari akun Facebook.

“Pizza Hut Internasional meminta maaf karena telah menyinggung beberapa pihak lewat unggahan laman Facebook Pizza Hut Israel. Itu sama sekali tidak bisa dibenarkan dan tidak mencerminkan nilai yang dianut merek kami. Unggahan tersebut kini sudah dihapus dan hubungan kerja sama dengan cabang di sana telah dicabut. Kami benar-benar menyesal karena luka yang kami sebabkan (kepada sebagian orang,” tulis Pizza Hut dalam akunnya.

Sebagai informasi, perwakilan aksi mogok Palestina, Senin lalu, mengatakan bahwa foto yang ditampilkan adalah foto tahun 2014 yang dikeluarkan dengan sengaja oleh otoritas penjara Israel untuk menyebarkan ‘rumor yang salah’, dan ‘perang psikologis’ terhadap pengikut aksi mogok makan.

Barghouti merupakan tahanan penjara Israel yang memimpin aksi mogok makan 1.500 tahanan sebagai protes karena tindakan sewenang-wenang, perlakukan buruk, kelalaian medis, pelarangan kunjungan pengacara dan anggota keluarga, serta penahanan tanpa proses pengadilan. Aksi ini telah dimulai sejak 17 April lalu.

Berdasarkan survei, Barghouti adalah tokoh politik paling populer di Palestina, dan merupakan salah satu kandidat kuat pengganti Mahmoud Abbas sebagai presiden Palestina.

 

CJ: M. Gauzal Asnawi
EDITOR: Iwan Y

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER