Turki Perintahkan Penahanan 115 Orang yang Diduga Terlibat Kudeta

0
41
Fethullah Gulen
Fethullah Gulen. (Foto: Reuters)

ANKARA, SERUJI.CO.ID – Pihak berwenang Turki mengeluarkan perintah penahanan untuk 115 orang di 15 provinsi atas dugaan keterlibatan mereka dalam percobaan kudeta gagal tahun lalu, kata kantor berita Anadolu pada Jumat (13/10).

Operasi tersebut bertujuan untuk menghancurkan “penataan keuangan” jaringan Fethullah Gulen yang bermarkas di Amerika Serikat, kata Anadolu.

Ankara menuduh Gulen, yang tinggal dalam pengasingan di AS sejak 1999, sebagai dalang dalam percobaan kudeta 15 Juli 2016. Namun Gulen membantah terlibat dalam peristiwa tersebut.

Pada Kamis, pihak berwenang Turki juga mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 25 tentara di Turki dan Siprus utara, menurut sumber keamanan, sebagai bagian dari perluasan tindakan keras.

Para prajurit, yang bertugas aktif dan beranggotakan dari beragam unsur militer Turki, sedang dalam pencarian di 13 provinsi Turki dan Siprus utara, kata sumber tersebut.

Jaksa di provinsi Mardin memerintahkan penangkapan terhadap sejumlah tentara atas “penataan militer rahasia” jaringan ulama Fethullah Gulen, tambah sumber tersebut.

Sejak kudeta gagal tahun lalu, lebih dari 50.000 orang dipenjara dan sedang menunggu persidangan atas keterkaitannya dengan jaringan Gulen, sementara 150.000 orang telah dipecat atau dicopot dari pekerjaan mereka di bidang militer, pelayanan umum dan swasta.

Kelompok hak asasi dan beberapa sekutu Barat Turki menyuarakan keprihatinannya terhadap tindakan keras tersebut, karena khawatir pemerintah memanfaatkan kudeta sebagai dalih untuk memberengus perbedaan pendapat.

Pemerintah berpendapat bahwa hanya upaya pembersihan semacam itu yang dapat menghilangkan ancaman jaringan Gulen, yang telah menyusup dalam banyak organisasi penting seperti militer, pengadilan dan sekolah. (Ant/SU02)

BAGIKAN
loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

Terbaru

Pembebasan Lahan untuk Runway Ketiga Bandara Soetta Lancar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - PT Angkasa Pura (AP) II menyatakan proses pembebasan tanah untuk pembangunan runway ketiga di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta berjalan dengan lancar. "Proses...
Transaksi tol nontunai

Ketua DPR Dorong Warga Gunakan Transaksi Nontunai di Jalan Tol

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Setya Novanto mendorong warga menggunakan transaksi nontunai atau menggunakan kartu e-toll di jalan tol sebagai langkah yang dinilai...

Everton Pecat Manajer Ronald Koeman

LONDON, SERUJI.CO.ID - Everton memecat manajer Ronald Koeman setelah mereka turun ke zona degradasi menyusul kekalahan 2-5 oleh Arsenal, kata klub Liga Inggris itu,...

Peserta Hari Jadi ke-72 Provinsi Jatim Padati Stand Cek Kesehatan Gratis BMI

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Dalam rangka menyemarakkan hari jadi ke-72 Provinsi Jawa Timur, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) ikut mensukseskan dengan menggelar acara cek kesehatan gratis...

Hari Santri Nasional, Anies: Bersyukur Orang Tua Kita Memilih Berjuang

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Santri of the Year sukses diselenggarakan di Gedung Galeri Nasional, Jl. Medan Merdeka Timur NO. 14 Jakarta Pusat, Ahad (22/10). Acara...

PDM Semarang Adakan Pelatihan Mubalihgh-Mubalighat ke -4

SEMARANG, SERUJI.CO.ID – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Semarang melalui Majelis Tablighnya mengadakan Pelatihan Mubalihgh-Mubalighat selama dua hari. Pelatihan berlangsung dari Sabtu sampai Ahad,...