Turki Perintahkan Penahanan 115 Orang yang Diduga Terlibat Kudeta

0
90
Fethullah Gulen
Fethullah Gulen. (Foto: Reuters)

ANKARA, SERUJI.CO.ID – Pihak berwenang Turki mengeluarkan perintah penahanan untuk 115 orang di 15 provinsi atas dugaan keterlibatan mereka dalam percobaan kudeta gagal tahun lalu, kata kantor berita Anadolu pada Jumat (13/10).

Operasi tersebut bertujuan untuk menghancurkan “penataan keuangan” jaringan Fethullah Gulen yang bermarkas di Amerika Serikat, kata Anadolu.

Ankara menuduh Gulen, yang tinggal dalam pengasingan di AS sejak 1999, sebagai dalang dalam percobaan kudeta 15 Juli 2016. Namun Gulen membantah terlibat dalam peristiwa tersebut.

Pada Kamis, pihak berwenang Turki juga mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk 25 tentara di Turki dan Siprus utara, menurut sumber keamanan, sebagai bagian dari perluasan tindakan keras.

Para prajurit, yang bertugas aktif dan beranggotakan dari beragam unsur militer Turki, sedang dalam pencarian di 13 provinsi Turki dan Siprus utara, kata sumber tersebut.

Jaksa di provinsi Mardin memerintahkan penangkapan terhadap sejumlah tentara atas “penataan militer rahasia” jaringan ulama Fethullah Gulen, tambah sumber tersebut.

Sejak kudeta gagal tahun lalu, lebih dari 50.000 orang dipenjara dan sedang menunggu persidangan atas keterkaitannya dengan jaringan Gulen, sementara 150.000 orang telah dipecat atau dicopot dari pekerjaan mereka di bidang militer, pelayanan umum dan swasta.

Kelompok hak asasi dan beberapa sekutu Barat Turki menyuarakan keprihatinannya terhadap tindakan keras tersebut, karena khawatir pemerintah memanfaatkan kudeta sebagai dalih untuk memberengus perbedaan pendapat.

Pemerintah berpendapat bahwa hanya upaya pembersihan semacam itu yang dapat menghilangkan ancaman jaringan Gulen, yang telah menyusup dalam banyak organisasi penting seperti militer, pengadilan dan sekolah. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Masih Belum Temukan 12 Surat Tanah, PLN Area Dumai Akan Urus Surat Pengganti

PEKANBARU, SERUJI.CO.ID - Setelah berusaha mencari dan dua kali berturut-turut PT PLN (Persero) Area Dumai mengumumkan kehilangan sejumlah Sertifikat dan Surat Tanah lewat media,...
Mobil Perpus

Mobil Prestasi Muamalat Menarik Minat Baca Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Dalam upaya menumbuhkan kembali minat baca dikalangan pelajar, PKPU Human Initiative bekerjasama dengan Mobil Prestasi Muamalat memberikan fasilitas Mobil perpustakaan keliling,...

Setelah Bertemu Puan Diam-Diam dan Kunjungi Ketum PAN, Hari ini Prabowo Gerilya ke SBY

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto terus melakukan gerilya politik sepajang sore hingga malam kemarin, Selasa (17/7). Prabowo yang sudah dipastikan maju...
Prabowo dengan kucing

Viral Foto Prabowo dengan Kucing, Warganet: Ke Hewan Saja Sayang, Apalagi ke Rakyatnya

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Foto Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto yang memberi makan seekor kucing saat sedang menyantap hidangan bersama koleganya, viral di media...

Gubernur Ganjar Pranowo Melepas Calon Haji Jateng-DIY Hari Ini

BOYOLALI, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 34.112 jemaah calon haji asal Jawa Tengah dan DIY diberangkatkan ke tanah suci hari ini, Selasa (17/7). Upacara pelepasan yang...