Trump-Putra Mahkota Saudi Bahas Keadaan Negara Yaman

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID –¬†Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman dalam pertemuan pada Selasa (20/3) membahas keadaan di negara bergolak Yaman, termasuk tentang pemberontak Houthi dan kegiatan Iran serta bencana kemanusiaan, kata Gedung Putih.

“Tentang Yaman, Presiden dan Putra Mahkota membahas ancaman pemberontak Houthi di wilayah itu, yang dibantu Pengawal Revolusi Islam Iran,” katanya dalam pernyataan pada Rabu (21/3).

“Para pemimpin itu membahas langkah tambahan untuk mengatasi bencana kemanusiaan dan sepakat bahwa resolusi politik terhadap perang tersebut pada akhirnya diperlukan untuk memenuhi kebutuhan rakyat Yaman,” demikian pernyataan itu.

Persekutuan pimpinan Saudi melakukan campur tangan di negara tetangganya, Yaman, pada 2015 melawan pemberontak Houthi, sekutu Iran, yang menggulingkan pemerintahan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang diakui internasional. Perang saudara itu telah menewaskan sekitar 10.000 orang.

Pada Selasa, Senat AS menolak resolusi yang berusaha mengakhiri dukungan Washington untuk kampanye militer Arab Saudi di Yaman.

Beberapa anggota parlemen pendukung resolusi itu menyebut perang tersebut bencana kemanusiaan, yang mereka salahkan kepada Arab Saudi.

Pada pekan lalu, Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengajukan banding ke anggota parlemen untuk tidak mengadopsi langkah itu dan membela dukungan militer AS ke Arab Saudi.

Mattis mengatakan bantuan AS, yang meliputi dukungan intelijen terbatas dan pengisian bahan bakar jet koalisi, pada akhirnya bertujuan untuk membawa perang Yaman menuju resolusi yang dirundingkan.

Dia memperingatkan bahwa penarikan bantuan dapat meningkatkan korban sipil dan akan memberi dukungan pada pemberontak Houthi, yang telah menembakkan misil ke Arab Saudi dan menargetkan kapal-kapal di lepas pantai Yaman.

Pada Rabu malam, sekelompok kecil pengunjuk rasa yang menentang kampanye militer Saudi di Yaman berunjuk rasa di sebuah acara di Washington untuk Institut Seni Misk, organisasi yang didirikan oleh yayasan Pangeran Mohammad.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

PT Semen Indonesia: Jebloknya Arus Kas Pasca Akuisisi Super Mahal Holcim

Akuisisi mestinya adalah sesuatu yang positif. Tetapi laporan keuangan terbaru SI berkata lain. Akuisisi justru menurunkan kinerja. Mengapa?

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER