Ribuan Rakyat Palestina Rayakan Persatuan Hamas dan Fatah

1
129
hamas - fatah
Luapan Kegembiraan Rakyat Palestina di Gaza Menyambut Rekonsiliasi Hamas-Fatah. (Foto: Reuters)

GAZA, SERUJI.CO.ID – Ribuan rakyat Palestina merayakan kesepakatan damai antara partai Fatah dan Hamas pada hari Kamis (12/10) di Gaza, Palestina.

Ribuan orang Palestina turun ke jalan di Gaza dalam rangka perayaan persatuan, dengan membawa pengeras suara di mobil terbuka untuk menyanyikan lagu-lagu nasional. Selain itu para pemuda juga menari dan berpelukan dan banyak melambai-lambaikan bendera Palestina dan Mesir.

Sebelumnya, Mesir membantu menengahi beberapa usaha untuk mendamaikan kedua gerakan tersebut dan membentuk pemerintah persatuan pembagian kekuasaan di Gaza dan Tepi Barat, Palestina.

Pada tahun 2014 Hamas dan Fatah setuju untuk membentuk sebuah pemerintah rekonsiliasi nasional, namun kesepakatan tersebut tak berlangsung lama dan saling tuduh dengan Hamas terus mendominasi Gaza.

“Pemerintah yang sah, pemerintah konsensus, akan kembali sesuai dengan tanggung jawabnya dan menurut undang-undang tersebut,” kata delegasi Fatah, Azzam Al-Ahmed pada upacara penandatanganan di Kairo, Mesir.

Azzam mengatakan bahwa pemerintah persatuan akan menjalankan semua institusi tanpa kecuali, termasuk semua penyeberangan perbatasan dengan Israel dan di Rafah, satu-satunya jalur akses Gaza dengan Mesir.

Sementara itu, Israel melihat kesepakatan Palestina dengan hati-hati, dengan mengatakan bahwa hal itu harus mematuhi kesepakatan internasional sebelumnya dan persyaratan yang ditetapkan.

“Israel akan memeriksa perkembangan di lapangan dan bertindak sesuai di lapangan,” kata sebuah pernyataan dari kantor Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, seperti yang dilansir Reuters. (Jarot/SU02)

loading...

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
tewas

Pengajar dari Al-Azhar Mesir, Ditemukan Meninggal di Pondok Pesantren

MAGELANG, SERUJI.CO.ID - Seorang warga negara Mesir yang menjadi pengajar di Pondok Pesantren Pabelan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Abdelaziz Mohamed Abdel Fattah Abdel Maksum Saleh...
Ridwan Kamil

Setelah 130 Hari Cuti, Ridwan Kamil Kembali Jabat Wali Kota Bandung

BANDUNG, SERUJI.CO.ID - Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai Wali Kota Bandung setelah sebelumnya sempat cuti untuk ikut dalam kontestasi pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Ridwan...
Sudrajat-Syaikhu

Seminggu Jelang Coblosan, Hasil Survei Prediksi Sudrajat-Syaikhu Menangkan Pilgub Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Tingkat keterpilihan (elektabilitas) pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut tiga dalam Pilgub Jabar 2018, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) yang diusung Gerindra, PKS dan...

Polisi Surabaya Buru Pencuri Motor Pengojek Daring

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Jawa Timur memburu pelaku pencurian sepeda motor yang selalu menyasar korban pengojek berbasis aplikasi...
Video lama PKB

Berbagai Survei: Warga Jatim Percaya Khofifah-Emil Lebih Kompeten dari Gus Ipul-Puti

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Elektabilitas pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur nomor urut satu di Pilgub Jatim 2018, Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak terus menanjak menjelang hari pencoblosan...