Polisi Turki Bubarkan Parade LGBT pada Hari Raya Idul Fitri

ISTANBUL – Polisi Turki menggagalkan upaya para aktivis Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) untuk menggelar parade ‘Gay Pride’ di Istanbul. Sekelompok aktivis LGBT tetap ngotot ingin menggelar parade di Hari Raya Idul Fitri itu, meski gubernur setempat telah mengeluarkan larangan resmi.

Aksi dilakukan tepat sehari setelah kantor Gubernur Istanbul mengeluarkan larangan dan peringatan bahwa parade gay bisa menimbulkan masalah keamanan dan aksi itu dapat mengganggu ketertiban umum.

Parade LGBT di Turki, terutama di kota Istanbul, telah dilarang oleh otoritas setempat selama tiga tahun berturut-turut setelah ada ancaman nyata dari kelompok-kelompok ultanasionalis.

Namun para aktivis hak-hak LGBT sebelumnya mengecam langkah tersebut. Mereka menyatakan tekad akan tetap menggelar acara dan mengatakan alasan itu mengada-ada.

“Kami tidak takut, kami di sini, kami tidak akan mengubah pendirian kami,” kata panitia penyelenggara dalam sebuah pernyataan, Ahad (25/6).

“Kami ke sini untuk menunjukkan bahwa kami akan terus berjuang dengan sebuah tekad demi harga diri kami,” katanya.

turki, parade gay, gay pride
Seorang aktivis gay ditangkap saat pembubaran paksa parade gay yang akan digelar di Istanbul, Ahad (25/6). (Foto: Bulent Kilic/AFP/Getty Images)

Sebelumnya, pihak berwenang telah menerjunkan kepolisian dalam jumlah besar di pusat kota, Istanbul.

Massa aktivis LGBT semula berkumpul di Lapangan Taksim, Ahad (25/6). Mereka tidak menghirauan peringatan polisi agar segera bubar, hingga akhirnya dibubarkan secara paksa.

Wartawan BBC di Istanbul, Mark Lowen melaporkan, polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis LGBT, sekitar 40 orang, yang berkumpul di Lapangan Taksim pada Ahad (25/6). Polisi juga menahan sejumlah orang yang berusaha untuk bertahan menggelar aksi mereka.

turki, parade gay, gay pride
Polisi menembakkan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis gay di Istanbul, 25/6/2017. (Foto: Murad Sezer/Reuters)

Pada dua tahun lalu, polisi menggunakan gas airmata dan meriam air untuk membubarkan peserta pawai LGBT, setelah penyelenggara mengatakan izinnya ditolak karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Pengecam menyatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Partai AK-nya, yang berakar Islam, menunjukkan sedikit minat untuk memperluas hak kaum minoritas dan LGBT, serta tidak menenggang perbedaan pendapat. (IwanY)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER