Polisi Turki Bubarkan Parade LGBT pada Hari Raya Idul Fitri

0
150
turki, gay pride, parade gay
Seorang polisi menginjak bendera Gay Pride saat menggagalkan parade gay yang akan digelar di kota Istanbul, pada Ahad, 25/6/2017. (Foto: Ozan Kode/AFP)

ISTANBUL – Polisi Turki menggagalkan upaya para aktivis Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) untuk menggelar parade ‘Gay Pride’ di Istanbul. Sekelompok aktivis LGBT tetap ngotot ingin menggelar parade di Hari Raya Idul Fitri itu, meski gubernur setempat telah mengeluarkan larangan resmi.

Aksi dilakukan tepat sehari setelah kantor Gubernur Istanbul mengeluarkan larangan dan peringatan bahwa parade gay bisa menimbulkan masalah keamanan dan aksi itu dapat mengganggu ketertiban umum.

Parade LGBT di Turki, terutama di kota Istanbul, telah dilarang oleh otoritas setempat selama tiga tahun berturut-turut setelah ada ancaman nyata dari kelompok-kelompok ultanasionalis.

Namun para aktivis hak-hak LGBT sebelumnya mengecam langkah tersebut. Mereka menyatakan tekad akan tetap menggelar acara dan mengatakan alasan itu mengada-ada.

“Kami tidak takut, kami di sini, kami tidak akan mengubah pendirian kami,” kata panitia penyelenggara dalam sebuah pernyataan, Ahad (25/6).

“Kami ke sini untuk menunjukkan bahwa kami akan terus berjuang dengan sebuah tekad demi harga diri kami,” katanya.

turki, parade gay, gay pride
Seorang aktivis gay ditangkap saat pembubaran paksa parade gay yang akan digelar di Istanbul, Ahad (25/6). (Foto: Bulent Kilic/AFP/Getty Images)

Sebelumnya, pihak berwenang telah menerjunkan kepolisian dalam jumlah besar di pusat kota, Istanbul.

Massa aktivis LGBT semula berkumpul di Lapangan Taksim, Ahad (25/6). Mereka tidak menghirauan peringatan polisi agar segera bubar, hingga akhirnya dibubarkan secara paksa.

Wartawan BBC di Istanbul, Mark Lowen melaporkan, polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis LGBT, sekitar 40 orang, yang berkumpul di Lapangan Taksim pada Ahad (25/6). Polisi juga menahan sejumlah orang yang berusaha untuk bertahan menggelar aksi mereka.

turki, parade gay, gay pride
Polisi menembakkan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis gay di Istanbul, 25/6/2017. (Foto: Murad Sezer/Reuters)

Pada dua tahun lalu, polisi menggunakan gas airmata dan meriam air untuk membubarkan peserta pawai LGBT, setelah penyelenggara mengatakan izinnya ditolak karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Pengecam menyatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Partai AK-nya, yang berakar Islam, menunjukkan sedikit minat untuk memperluas hak kaum minoritas dan LGBT, serta tidak menenggang perbedaan pendapat. (IwanY)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

Trump Pisahkan Anak dan Orangtua, Menlu Meksiko: Tindakan Tidak Manusiawi

MEKSIKO, SERUJI.CO.ID -  Menteri Luar Negeri Meksiko pada Selasa (19/6) menyebut pemisahan anak-anak dari orang tua pendatang di perbatasan Amerika Serikat-Meksiko kejam dan tidak manusiawi...
Nu dukung Khofifah

Awasi Pencoblosan, Khofifah Tegaskan Akan Maksimalkan Tim Saksi

BLITAR, SERUJI.CO.ID - Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menegaskan akan memaksimalkan tim saksi, mengawasi pelaksanaan pencoblosan dalam Pemilihan Gubernur Jatim 2018, yang akan...
Tjahjo Kumolo

Mendagri: Komjen Iriawan Memenuhi Syarat Jadi Pj Gubernur Jabar

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan Komjen Pol Iriawan memenuhi persyaratan untuk bertugas sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Aher yang...

Dua Penumpang KM Sinar Bangun Ditemukan Tewas

SAMOSIR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan menemukan dua orang lagi penumpang KM Sinar Bangun, tewas akibat tenggelam di perairan Danau Toba, Tigaras, Kabupaten Simalungun, dan telah...

Polisi Tembak Kaki Empat Napi yang Kabur

DENPASAR, SERUJI.CO.ID - Tim gabungan Kepolisian Daerah Bali beserta jajaran Kepolisian Resor Kota Denpasar menembak kaki masing-masing empat tahanan yang nekat kabur dari rumah tahanan...