Polisi Turki Bubarkan Parade LGBT pada Hari Raya Idul Fitri

0
106
turki, gay pride, parade gay
Seorang polisi menginjak bendera Gay Pride saat menggagalkan parade gay yang akan digelar di kota Istanbul, pada Ahad, 25/6/2017. (Foto: Ozan Kode/AFP)

ISTANBUL – Polisi Turki menggagalkan upaya para aktivis Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT) untuk menggelar parade ‘Gay Pride’ di Istanbul. Sekelompok aktivis LGBT tetap ngotot ingin menggelar parade di Hari Raya Idul Fitri itu, meski gubernur setempat telah mengeluarkan larangan resmi.

Aksi dilakukan tepat sehari setelah kantor Gubernur Istanbul mengeluarkan larangan dan peringatan bahwa parade gay bisa menimbulkan masalah keamanan dan aksi itu dapat mengganggu ketertiban umum.

Parade LGBT di Turki, terutama di kota Istanbul, telah dilarang oleh otoritas setempat selama tiga tahun berturut-turut setelah ada ancaman nyata dari kelompok-kelompok ultanasionalis.

Namun para aktivis hak-hak LGBT sebelumnya mengecam langkah tersebut. Mereka menyatakan tekad akan tetap menggelar acara dan mengatakan alasan itu mengada-ada.

“Kami tidak takut, kami di sini, kami tidak akan mengubah pendirian kami,” kata panitia penyelenggara dalam sebuah pernyataan, Ahad (25/6).

“Kami ke sini untuk menunjukkan bahwa kami akan terus berjuang dengan sebuah tekad demi harga diri kami,” katanya.

turki, parade gay, gay pride
Seorang aktivis gay ditangkap saat pembubaran paksa parade gay yang akan digelar di Istanbul, Ahad (25/6). (Foto: Bulent Kilic/AFP/Getty Images)

Sebelumnya, pihak berwenang telah menerjunkan kepolisian dalam jumlah besar di pusat kota, Istanbul.

Massa aktivis LGBT semula berkumpul di Lapangan Taksim, Ahad (25/6). Mereka tidak menghirauan peringatan polisi agar segera bubar, hingga akhirnya dibubarkan secara paksa.

Wartawan BBC di Istanbul, Mark Lowen melaporkan, polisi menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis LGBT, sekitar 40 orang, yang berkumpul di Lapangan Taksim pada Ahad (25/6). Polisi juga menahan sejumlah orang yang berusaha untuk bertahan menggelar aksi mereka.

turki, parade gay, gay pride
Polisi menembakkan peluru karet untuk membubarkan sekelompok aktivis gay di Istanbul, 25/6/2017. (Foto: Murad Sezer/Reuters)

Pada dua tahun lalu, polisi menggunakan gas airmata dan meriam air untuk membubarkan peserta pawai LGBT, setelah penyelenggara mengatakan izinnya ditolak karena bertepatan dengan bulan suci Ramadan.

Pengecam menyatakan Presiden Turki Tayyip Erdogan dan Partai AK-nya, yang berakar Islam, menunjukkan sedikit minat untuk memperluas hak kaum minoritas dan LGBT, serta tidak menenggang perbedaan pendapat. (IwanY)

Komentar

BACA JUGA
Jiwa Seni Puti Guntur

Bertemu Seniman, Puti Soekarno Berkisah Tentang Jiwa Seni Kakek dan Keluarganya

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Calon Wakil Gubernur Jatim nomor urut dua, Puti Guntur Soekarno bertemu dengan kalangan seniman yang tergabung Forum Masyarakat Seni Indonesia (Formasi)...
Relawan Gus Ipul

60 Kelompok Relawan Siap Menangkan Gus Ipul-Puti

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 60 kelompok relawan pendukung calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf-Puti Guntur siap memenangkan paslon tersebut di kontestasi Pilgub 2018. Para...
Mediator kesehatan

Mediator Kesehatan Diharapkan Mampu Memediasi Perselisihan di Bidang Kesehatan

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Universitas Hang Tuah (UHT) Surabaya bersama Jimly School of Law and Goverment berupaya mengembangkan profesi mediator kesehatan. "Ini dinilai penting sebagai upaya...
buku Boko Haram

Bedah Buku Boko Haram: Indonesia Harus Belajar Pengalaman Nigeria

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Peneliti Centre For Statecraft and Citizenship Studies (CSCS) Universitas Airlangga, Rosdiansyah menangkap pesan utama dari buku “BOKO HARAM: The History of...
persiba

Persiba Gagal Bendung Ketangguhan Sriwijaya FC

BALIKPAPAN, SERUJI.CO.ID - Tuan rumah Persiba Balikpapan gagal membendung ketangguhan Sriwijaya FC dan menyerah 0-1 pada pertandingan babak penyisihan Grup B turnamen Piala Gubernur Kalimantan...
loading...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...
IMG_20180224_110625_530

Mencari Logika di Balik Kasus Tuduhan ke Habib Rizieq Shihab

Habib Rizieq Shihab (RHS) juga ditetapkan sebagai tersangka, setelah sebelumnya FH dijerat pasal pornografi dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara. RHS bahkan...