Penutupan Al-Jazeera Jadi Salah Satu Diantara 13 Tuntutan untuk Akhiri Isolasi Qatar

0
129
qatar, doha
Kota Doha, Qatar. (Foto: Reuters/Fadi Al-Assaad)

DOHA – Pemerintah Arab Saudi dan negara-negara Teluk yang memutus hubungan diplomatik dengan Qatar telah mengeluarkan daftar 13 tuntutan yang harus dipenuhi Qatar sebagai syarat untuk mencabut sanksi isolasi terhadap negara yang dituding mendukung terorisme.

Daftar 13 tuntutan tersebut diserahkan ke Kuwait sebagai mediator penyelesaian ketegangan antara negara-negara Arab dengan Qatar pada Kamis (22/6).

Dari 13 tuntutan itu di antaranya adalah Qatar harus menutup operasi stasiun televisi Al Jazeera dan semua afiliasinya, memutus hubungan diplomatik dengan Iran, dan menutup pangkalan militer Turki di Qatar.

Tuntutan selanjutnya, Qatar diminta untuk mengakhiri hubungannya dengan semua organisasi yang dianggap pelaku ataupun pendukung terorisme seperti Ikhwanul Muslimin, HeZbollah, al-Qaeda, dan ISIS.

Tak hanya itu, Qatar dituntut untuk harus menolak pengajuan naturalisassi kewarganegaraan dari warga negara Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab, dan Bahrain yang tinggil di Qatar selama ini. Qatar juga harus memulangkan warga keempat negara tersebut dalam apa yang disebut sebagai mencegah Qatar mencampuri urusan dalam negeri negara lain.

Qatar juga didesak agar menyerahkan semua individu yang dicari oleh empat negara Arab yang mengeluarkan 13 tuntutan karena alasan terlibat terorisme.

Qatar kemudian diminta untuk menghentikan pendanaan organisasi yang dianggap sebagai entitas teror oleh AS.

Qatar juga diminta menyediakan data rinci soal sosok-sosok oposisi yang dibiayai negara itu terutama yang berada di Arab Saudi, Mesir, UEA, dan Bahrain.

Keempat negara pengisolasi Qatar meminta negeri itu memenuhi semua persyaratan tersebut dalam waktu 10 hari termasuk membayar kompensasi yang jumlahnya belum ditentukan.

Jika Qatar menyetujui 13 daftar tuntutan negara-negara Arab itu, maka audit dilakukan terhadap 13 tuntutan itu setiap bulan di tahun pertama, dan sekali per empat bulan untuk tahun kedua. Jika berjalan mulus, 10 tahun kemudian audit terhadap Qatar akan dilakukan setahun sekali.

Pejabat Pemerintah Qatar belum mengeluarkan tanggapan atas 13 daftar tuntutan dari negara-negara Arab yang dikirimkan melalui Kuwait. Iran dan Turki yang secara tidak langsung disebut dalam tuntutan itu juga belum berkomentar.

Senin lalu, Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani menegaskan bahwa Qatar tidak akan bernegosiasi dengan keempat negara tersebut, kecuali jika mereka mencabut sanksi terhadap Qatar.

(Baca: Qatar Tolak Negosiasi, Jika Negara-Negara di Teluk Tak Cabut Boikot)

Keempat negara tersebut memberikan waktu sepuluh hari kepada Doha untuk memberikan jawaban, tapi tidak ada penjelasan lebih lanjut jika 13 tuntutan tersebut tidak dipenuhi oleh Qatar. (IwanY)

Komentar

BACA JUGA
Banjar Banjir

BNPB: Banjir Landa Sejumlah Wilayah di Jawa

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir melanda sejumlah daerah di Jawa. "Banjir...
Kapal Win Long

Petugas Belum Temukan Narkoba dari Kapal Win Long

KARIMUN, SERUJI.CO.ID - Petugas gabungan TNI, Polri dan Bea Cukai hingga Sabtu (24/2) petang belum menemukan narkotika jenis sabu-sabu yang diduga dibawa kapal asing,...

Menristekdikti: Boleh Eksplorasi Tetapi Jangan Rusak Lingkungan

SOLO, SERUJI.CO.ID - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Muhammad Nasir menyatakan kalangan industri boleh mengeksplorasi sumber daya alam tetapi jangan sampai merusak...

Menteri Rini Minta BUMN di Daerah Bersinergi

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID - Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno meminta seluruh perwakilan Badan Usaha Milik Negara di daerah dapat meningkatkan sinergi untuk memberikan...

32 Orang Palestina Cedera Dalam Bentrokan Dengan Tentara Israel

KOTA GAZA, SERUJI.CO.ID - Sebanyak 32 orang Palestina cedera dalam bentrokan yang terjadi antara tentara Israel dan demonstran Palestina di Tepi Barat Sungai Jordan dan...
loading...

Terima Kasih SDIT

Sebagai ibu yang tidak hanya bekerja di luar dan di dalam rumah, saya menyadari waktu saya banyak terkuras untuk kepentingan diluar pendidikan anak. Pagi...
Screenshot_20180224_173119

PKS Targetkan 5 Kursi di DPRD Pasaman Barat

SIMPANG EMPAT - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Pasaman Barat menargetkan ada kenaikan perolehan kursi DPRD dari 3 kursi pada Pileg 2014...
IMG_20180224_161218

Muslim M Yatim Maju Ke DPD RI

SIMPANG EMPAT - M Muslim Yatim mencalonkan diri sebagai anggota DPD RI periode 2019–2024 setelah 3 periode duduk sebagai anggota DPRD Prov Sumatera Barat...