Militer Turki Kuasai Penuh Kota Afrin

AFRIN, SERUJI.CO.ID – Militer Turki dan sekutu pemberontak Suriah-nya menguasai penuh Afrin, Suriah barat laut, kata sumber militer Turki, Sabtu (24/3), saat pekerja bantuan membagikan makanan kepada orang di daerah tersebut.

Pasukan Turki dan petempur Suriah menyisir kota utama Afrin pada pekan lalu, setelah pertempuran delapan minggu untuk mengusir petempur Kurdi YPG, yang dianggap Ankara sebagai kelompok teroris.

Sumber militer mengatakan kepada Reuters bahwa desa tersisa telah direbut dan dikendalikan dalam semalam.

“Kendali sepenuhnya tercapai di wilayah Afrin dan pencarian terus berlanjut sehingga warga setempat bisa kembali dengan selamat ke rumah mereka,” kata sumber itu.

Kantor berita Anadolu, yang dikelola pemerintah, memuat laporan serupa.

Di Afrin, orang-orang antri untuk menerima makanan panas yang sedang didistribusikan oleh kelompok Bulan Sabit Merah Turki sementara tentara Turki menjaga keamanan dan kendaraan lapis baja bergerak di sepanjang jalan.

“Kami mencoba memulihkan kehidupan normal dalam waktu singkat dan jangka menengah di sini.” kata presiden kelompok bantuan Kerem Kinik kepada Reuters.

“Dapur bergerak kami ada di sini, dan kru kami ada di desa.”

“Kami ingin semuanya baik-baik saja. Kami ingin wanita dan anak-anak kami untuk kembali. Mereka tidak bisa kembali ke tanah air mereka,” kata warga Afrin, Abdurrahman Nahsen Suleymanoglu.

Presiden Turki Tayyip Erdogan menolak kritik pada gerakan di Afrin dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Jumat (23/3), menurut sumber presiden Turki.

Di antara sekutu Barat Turki, Prancis telah menjadi salah satu dari kritikus terbesar dari operasi militer Turki, dengan menteri luar negeri Prancis mengatakan kekhawatiran bahwa alasan keamanan perbatasannya tidak membenarkan serangan itu. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Bagaimana Kalau Prabowo Kalah Lagi?

Terpilih kembali atau tidaknya petahana adalah sebuah hal yang wajar di alam demokrasi. Karena tujuan dari pesta demokrasi, atau yang kita sebut Pilpres ini, adalah untuk mengukur kepuasan dan ketidakpuasan pada petahana.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy