Militer Turki Kuasai Penuh Kota Afrin

AFRIN, SERUJI.CO.ID –┬áMiliter Turki dan sekutu pemberontak Suriah-nya menguasai penuh Afrin, Suriah barat laut, kata sumber militer Turki, Sabtu (24/3), saat pekerja bantuan membagikan makanan kepada orang di daerah tersebut.

Pasukan Turki dan petempur Suriah menyisir kota utama Afrin pada pekan lalu, setelah pertempuran delapan minggu untuk mengusir petempur Kurdi YPG, yang dianggap Ankara sebagai kelompok teroris.

Sumber militer mengatakan kepada Reuters bahwa desa tersisa telah direbut dan dikendalikan dalam semalam.

“Kendali sepenuhnya tercapai di wilayah Afrin dan pencarian terus berlanjut sehingga warga setempat bisa kembali dengan selamat ke rumah mereka,” kata sumber itu.

Kantor berita Anadolu, yang dikelola pemerintah, memuat laporan serupa.

Di Afrin, orang-orang antri untuk menerima makanan panas yang sedang didistribusikan oleh kelompok Bulan Sabit Merah Turki sementara tentara Turki menjaga keamanan dan kendaraan lapis baja bergerak di sepanjang jalan.

“Kami mencoba memulihkan kehidupan normal dalam waktu singkat dan jangka menengah di sini.” kata presiden kelompok bantuan Kerem Kinik kepada Reuters.

“Dapur bergerak kami ada di sini, dan kru kami ada di desa.”

“Kami ingin semuanya baik-baik saja. Kami ingin wanita dan anak-anak kami untuk kembali. Mereka tidak bisa kembali ke tanah air mereka,” kata warga Afrin, Abdurrahman Nahsen Suleymanoglu.

Presiden Turki Tayyip Erdogan menolak kritik pada gerakan di Afrin dalam pembicaraan telepon dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Jumat (23/3), menurut sumber presiden Turki.

Di antara sekutu Barat Turki, Prancis telah menjadi salah satu dari kritikus terbesar dari operasi militer Turki, dengan menteri luar negeri Prancis mengatakan kekhawatiran bahwa alasan keamanan perbatasannya tidak membenarkan serangan itu. (Ant/SU03)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER