Hari Kedua Serangan, Tentara Turki Masuki Afrin Suriah

ANKARA, SERUJI.CO.ID – Tentara darat Turki memasuki Afrin di Suriah pada Ahad (21/1), hari kedua serangan terhadap milisi Kurdi dukungan AS yang diperkirakan segera berakhir, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Turki pada Sabtu melancarkan operasi yang diberi nama “Operasi Cabang Zaitun” dengan pemboman dan serangan udara gencar dalam upaya mengusir anggota Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dari Suriah Utara. Ankara menganggap YPG sebagai kelompok teror yang berafiliasi kepada Partai Pekerja Kurdistan (PKK).

Ankara telah dibuat marah oleh perluasan YPG di Suriah Utara, dan khawatir kondisi itu bisa menciptakan negara de fakto di perbatasannya. Pemerintah Turki mengumumkan serangan militernya sebagai langkah untuk melindungi penduduk lokal di Afrin dari cengkeraman ambisi sektarian Suku Kurdi.

Perdana Menteri Turki Binali Yildirim mengatakan kepada media di Istanbul bahwa tentara telah memasuki wilayah yang dikuasai YPG di Suriah pada pukul 11.05 waktu setempat (15.05 WIB) dari Turki.

Pesawat tempur dan senjata artileri Turki menggempur posisi YPG di sekitar Afrin dan sebanyak 153 sasaran, termasuk gudang amunisi serta tempat pengungsin YPG, telah dihantam, kata satu pernyataan dari militer Turki.

Kantor berita resmi Turki, Anadolu, melaporkan tentara Turki bergerak maju bersama pasukan dari Tentara Suriah Bebas (FSA), yang pro-Ankara, dan sudah berada lima kilometer di dalam wilayah Suriah sampai Ahad sore.

Menurut Yildirim, ada hampir “8.000 sampai 10.000 pelaku teror” di Afrin.

Presiden Erdogan memuji operasi militer Turki pada Ahad (21/1), selama satu pertemuan terbuka politik di Provinsi Bursa di bagian barat-laut Turki, dan mengatakan, “YPG melarikan diri.” Ia juga mengatakan operasi itu akan selesai “dalam waktu sangat singkat”, tapi Presiden Turki tersebut tidak menyebutkan batas waktu secara pasti.

Operasi itu adalah penyerbuan besar kedua Turki ke dalam wilayah Suriah, selama perang saudara tujuh-tahun setelah Operasi Tameng Eufrat antara Agustus 2016 dan Maret 2017 di satu daerah di sebelah timur Afrin terhadap petempur YPG dan IS.

Militer Ankara menyatakan IS, yang dikalahkan di sebagian besar wilayah di Suriah dan Irak, juga menjadi sasaran operasi tersebut.

Erdogan telah berulangkali berikrar bahwa Turki akan menghapuskan “sarang kelompok teror” YPG di Suriah.

Afrin adalah daerah kantung di bawah kekuasaan YPG, terputus dari jalur yang lebih panjang di Suriah Utara yang dikuasai kelompok itu ke arah timur yang membentang sampai perbatasan Irak. Turki ingin YPG mundur dari sebelah timur Sungai Eufrat, agar “tidak menimbulkan ancaman keamanan”.

Yildirim mengatakan pasukan Turki bermaksud menciptakan zona keamanan sejauh 30 kilometer ke dalam wilayah Suriah dan militer Turki sejauh ini tak menderita korban jiwa. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Tragedi Lion Air JT-610: Momentum Peningkatan Kesadaran Hukum Keselamatan Penerbangan

Hasil penelitian penyebab kecelakaan penerbangan yang dilakukan Komisi Nasional Kecelakaan Transportasi (KNKT) hanya merupakan masukan secara tertutup kepada Pemerintah sebagai bahan evaluasi untuk pencegahan antisipasi agar tidak terulang lagi penyebab kecelakaan yang sama.

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.

Kemcer Di Curug Cipeteuy