Donald Trump dan Jokowi Hadiri KTT di Arab Saudi

0
126
donald trump, raja salman
Presiden AS Donald Trump disambut oleh Raja Salman bin Abdul Aziz dalam kunjungan kenegaraannya ke Arab Saudi. (FOTO: AFP/Mandel Ngan)

RIYADH – Presiden AS Donald Trump telah tiba di Arab Saudi, pada lawatan pertama perjalanan resmi luar negerinya sejak terpilih menjadi presiden. Ini adalah sebuah ujian penting bagi Trump dikarenakan meningkatnya suhu politik di AS.

Disambut karpet merah di bandara, Raja Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud menerima Trump, istrinya Melania, dan rombongannya tak lama setelah mereka mendarat di ibukota Arab Saudi, Riyadh, sekitar pukul 06:50 GMT pada hari Sabtu (20/05/17).

Trump akan mengadakan serangkaian pertemuan dengan Raja Salman dan pemimpin Arab serta Muslim lainnya pada hari Sabtu dan Ahad, sebelum dijadwalkan terbang ke Israel, Wilayah Palestina, Vatikan, Belgia, dan Italia dalam tur sembilan hari di Timur Tengah dan Eropa.

Selama kunjungan dua hari ke kerajaan tersebut, Trump diperkirakan akan menandatangani sebuah kesepakatan kerjasama persenjataan, memberikan pidato tentang Islam, dan mendiskusikan perang melawan “terorisme” dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Arab Islamic American Summit bersama lebih dari 50 pemimpin, termasuk di antaranya Presiden RI Joko Widodo.

Ini adalah pertama kalinya seorang presiden AS memilih Arab Saudi sebagai kunjungan pertama dalam perjalanan perdananya. Kunjungan Trump dipandang sangat simbolis, saat ia berusaha memperbaiki hubungan Washington dengan sekutu Arab terdekatnya, yang sempat goncang pada tahun terakhir kepresidenan Barack Obama.

“Hubungan AS-Saudi telah mengalami banyak perbedaan pendapat,” menurut pejabat Saudi.

Perbedaan ini sebagian besar berpusat pada kesepakatan nuklir Iran 2015 dan peringatan pemerintahan Obama tentang aksi militer Arab Saudi yang mengakibatkan jumlah korban perang di Yaman.

Warga Saudi sangat bangga dan gembira karena presiden AS memilih negara Teluk sebagai kunjungan pertamanya.

“Mereka ingin mengatur ulang hubungan dengan AS. Mereka tidak senang dengan Obama, dan mereka tidak senang dengan kebijakan AS di Yaman dan di Suriah,” menurut James Bays, editor Al-Jazeera.

Seorang analis politik Saudi, Ahmed Alibrahim, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa orang Saudi melihat ini sebagai hari bersejarah untuk hubungan dengan AS. Menurutnya Saudi ingin melihat lebih banyak ketegasan, tindakan dan sanksi terhadap rezim Iran.

Seorang analis di Pusat Penelitian dan Kebijakan Arab Institut Doha, Marwan Kabalan, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa AS dan Arab Saudi akan membahas sebuah rencana strategis yang bertujuan untuk melawan “ekstremisme”.

“Saya pikir kedua belah pihak memiliki harapan yang tinggi dari KTT ini, karena mereka diharapkan membahas masalah yang paling mendesak bagi mereka berdua seperti konflik di Yaman, perang di Suriah dan perang terhadap ISIS,” kata Kabalan.

Ketika mengumumkan pertemuan tersebut, kementerian luar negeri Arab Saudi menyebutnya sebagai puncak bersejarah yang seharusnya merupakan awal untuk membangun kemitraan antara dunia Arab dan Muslim serta Amerika Serikat di berbagai tingkatan.

Presiden Jokowi Hadiri KTT Arab Islamic American Summit

Presiden Joko Widodo Sabtu pagi (20/5/2017) telah terbang ke Arab Saudi untuk menghadiri KTT tersebut, yang akan dilangsungkan Ahad, 21/5/2017. Seperti yang disampaikan Sekretariat Kabinet melalui akun Twitter resminya @setkabgoid:

“Saya dan rombongan akan berangkat ke Riyadh, Saudi Arabia, memenuhi undangan yang langsung diberikan ke saya dari utusan khusus Sri Baginda Raja Salman bin Abdulaziz,” kata Jokowi kepada wartawan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Pesawat kepresidenan yang membawa RI 1 dan rombongan mendarat sekitar pukul 15.36 WIB di Aceh untuk pengisian bahan bakar dan kemudian melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi. (M. Gauzal Asnawi)

 

EDITOR: Iwan Y

Komentar

BACA JUGA

Disdik Jateng Fasilitasi Pindah Sekolah Siswa Yang Dikeluarkan SMAN 1 Semarang

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah memfasilitasi dua siswa yang dikeluarkan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang untuk melanjutkan pendidikan di SMA...

Terkait Siswa Yang Dikeluarkan, Disdik Anggap SMAN 1 Semarang Sesuai Prosedur

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dinas Pendidikan Jawa Tengah menyatakan langkah yang dilakukan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dengan mengeluarkan dua siswanya sudah sesuai prosedur. "Setiap...

Berikut Kronologi dari Orang Tua Yang Anaknya Dipaksa Mundur dari Sekolah

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Dua siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Semarang dikeluarkan dari sekolah karena tuduhan menganiaya junior saat pelaksanaan kegiatan latihan dasar kepemimpinan. "Kebetulan,...

Dikeluarkan dari Sekolah Karena Diduga Aniaya Adik Kelas, Siswa Ini Mengadu ke Ombudsman

SEMARANG, SERUJI.CO.ID - Anindya Puspita Helga Nur Fadhila, Siswa SMAN I Kota Semarang yang dikeluarkan dari sekolah atas dugaan penganiayaan terhadap adik kelasnya akan mengadu...
Orang tenggelam

Terjatuh di Sungai Dekat Kampus, 2 Mahasiswa IPB Tewas Tenggelam

BOGOR, SERUJI.CO.ID - Sebanyak dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat, meninggal dunia akibat tenggelam di aliran sungai yang berada di lingkungan kampus, Ahad...
loading...
Green Action - JRC 9

Green Action di Taman Harmoni, Sampah Jadi Emas

Warna Keputih, Sukolilo Surabaya, 6 tahun lebih yang lalu terbiasa dengan bau sampah yang menyengat. Bau busuk semakin menusuk kala hujan tiba. Namun, sejak beberapa...
Screenshot_20180115_194046

PKS Optimis Peroleh 5 Kursi DPRD Pasaman Barat pada Pileg 2019

SIMPANG EMPAT – PKS optimis lima kursi DPRD Kabupaten Pasaran Barat akan diperolehnya pada pileg 2019. Hal ini disampaikan oleh Fajri Yustian Ketua Tim...
images (5)

Garis 7: Sesat Nalar

Analogi adalah sebuah cara otak untuk memahami sesuatu. Analogi mirip dengan perumpamaan. Jika ada orang yang bertanya bagaimana cara membuat jelly, maka paling mudah...