Arab Saudi Sebut Tuntutan Kepada Qatar Tidak Dapat Ditawar

0
62
  • 6
    Shares
qatar, doha
Kota Doha, Qatar. (Foto: Reuters/Fadi Al-Assaad)

WASHINGTON – Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir mengatakan, Selasa (27/6), tuntutan kerajaan dan negara-negara Arab lainnya -agar Qatar berhenti mendukung terorisme, tak dapat ditawar.

Kantor berita Reuters melaporkan, ketika ditanya para wartawan saat ia berkunjung ke Washington, soal apakah tuntutan tidak bisa ditawar, Jubeir mengatakan, “Ya.”

“Kami telah memastikan, kami sudah mengambil langkah-langkah kami dan terserah (pemerintah Qatar) apakah mereka akan mengubah perilaku mereka dan jika mereka melakukannya, semuanya akan berjalan baik, tapi jika tidak, mereka akan tetap dikucilkan,” lanjut Jubeir.

“Jika Qatar ingin kembali ke lingkaran Dewan Kerja Sama Teluk, mereka (pemerintah Qatar, red) tahu apa yang harus mereka lakukan,” tegasnya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahran dan Mesir telah menerapkan boikot terhadap Qatar sejak tiga pekan lalu.

Negara-negara itu menuding Qatar mendukung kelompok-kelompok teroris.

Mereka kemudian mengeluarkan ultimatum terhadap Qatar, termasuk menuntut negara itu untuk menutup pangkalan militer Turki di Doha, menutup saluran televisi Al Jazeera, serta memutuskan hubungan dengan Iran.

Qatar membantah tuduhan-tuduhan tersebut dan mengatakan tuntutan-tuntutan itu diarahkan untuk mengendalikan kedaulatannya. (Iwany)

Langganan berita lewat Telegram
loading...
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU