Masjid di Wellington dan Christchurch Tutup Sementara Pasca Serangan Teroris


WELLINGTON, SERUJI.CO.ID – Peristiwa penembakan terhadap umat muslim yang sedang menjalankan shalat Jumat di masjid Al-Noor, Christchurch, Selandia Baru, pada Jumat (15/3) siang waktu setempat, telah membuat komunitas muslim di sana meningkatkan kewaspadaan.

Untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan, sambil menunggu proses investigasi pihak keamanan setempat, seluruh masjid di Wellington dan Christchurch ditutup sementara.

“Himbauan itu dikeluarkan Pengurus Komunitas Muslim di Wellington dan Christchurch, untuk menutup seluruh masjid sementara, sampai ada pemberitahun lebih lanjut,” ungkap Dedy Eryanto, mahasiswa PhD di Victoria University of Wellington, saat dihubungi SERUJI, Jumat (15/3).

Komunitas Muslim di Selandia Baru Berbagi Update Terkait Peristiwa Penembakan di Christchurch

Dedy Eryanto

Dijelaskan oleh Dedy, komunitas muslim di Selandia Baru terus berbagi informasi terbaru terkait peristiwa yang disebut sebagai serangan teroris oleh PM Australia, Scot Morrison. Demikian juga sesama Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang berada di negara tersebut.

“Kejadian ini memang sangat mengejutkan, tidak hanya bagi mahasiswa di sini, tapi juga hampir seluruh WNI yang ada di NZ, karena belum pernah ada kejadian seperti ini,” ujar Dedy yang juga kolumnis di SERUJI.

KBRI Bergerak Cepat dan Terus Memberikan Info Perkembangan Terakhir

Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (Foto: Istimewa)

Terkait dengan respon pemerintah Indonesia, Dedy menilai pemerintah lewat KBRI di Wellington sangat cepat dan sigap melakukan pemantauan kejadian detik demi detik.

“KBRI juga selalu berupaya melakukan update keberadaan WNI termasuk para pelajar, khususnya yang sedang berada di Christchurch,” jelasnya.

Disampaikan juga oleh Dedy, pihak Kedubes RI di Wellington terus menjalin komunikasi dengan perwakilan Mahasiswa setempat.

“KBRI juga telah mengirimkan surat imbauan kepada seleuruh WNI agar waspada, dan aktif memantau pemberitaan media setempat,” tukas Dedy.

Berikut Imbauan KBRI untuk WNI Terkait Penembakan di Christchurch

Editor:Hrn

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Ahmad Dhani The Warrior

Jika John Lennon mampu menciptakan "protest song" seperti "Give peace a chance" atau "imagine", tanpa penderitaan di penjara, maka Dhani akan mampu lebih hebat dari Lennon. Maksudnya, dia selain penggubah lagu/syair dan penyanyi, akan sekaligus menjadi sang pejuang. Ahmad Dhani The Warrior.

Fahira ke Haters Anies: Jangan Sering Gol Bunuh Diri Nanti Kehabisan Energi

Bedakan wilayah Bekasi, Tangerang dan DKI saja tidak mampu. Siapa pengelola Kawasan GBK dan Jembatan Utan Kemayoran saja tidak paham. Bagaimana mau mau kritik apalagi menyerang.

Sering Kesemutan di Tangan Maupun Kaki Sejak Usia Muda, Apakah Sebabnya?

Kesemutan yang saya derita mudah timbul, semisal saat mengendarai sepeda motor, tangan saya memegang stang meskipun tidak erat dalam waktu 10 menit kedua tangan saya merasa kesemutan bercampur kebas, dan akan normal kembali apabila saya lepas.

Dinilai Lembek ke China Soal Natuna, PA 212 Minta Presiden Jokowi Pecat Prabowo

Menurut PA 212, langkah yang diambil Prabowo sangat kontras dengan sikap Presiden Jokowi yang tidak mau berkompromi dengan China yang telah melakukan pelanggaran batas wilayah di perairan Natuna.

Inilah Kekayaan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah Yang Kena OTT KPK

Jumlah harta Saiful ini melonjak hampir empat kali lipat dibanding saat awal ia menjabat Wakil Bupati Sidoarjo periode 2005-2010, yang berdasarkan LHKPN tertanggal 28 April 2006 bernilai total Rp17.349.095.000.

Flash: Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK Terkait Dugaan Pengadaan Barang dan Jasa

OTT KPK ini, adalah juga yang pertama kali sejak revisi UU KPK diundangkan menjadi UU Nomor 19 Tahun 2019 atas perubahan kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002.

Utang RI Meroket Rp4.778 Triliun, Sri Mulyani: Kita Masih Lebih Hati-hati Dibanding Malaysia

Bahkan, jika dibanding negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Filipina, jelas Sri Mulyani, pengendalian utang Indonesia jauh lebih hati-hati.

TERPOPULER

Ternyata Menteri Agama Berasal dari Ormas Islam Yang Sama dengan Ustadz Tengku Zulkarnain

Fachrul Razi tercatat sebagai anggota Majelis Amanah Pusat PB Math'laul Anwar sejak 2018 berdasarkan Surat Keputusan nomor A.166/KPTS/PBMA/V/2018 yang ditandatangani Ketua Umum PB MA, Ahmad Sadeli Karim dan Sekjen Oke Setiadi
close