Penembakan di Sekolah Santa Fe Texas, 8 Tewas

TEXAS, SERUJI.CO.ID – Setidaknya delapan orang tewas dalam penembakan di sebuah sekolah menengah atas di Santa Fe, Texas, pada Jumat (18/5).

Polisi yang melakukan penyisiran di gedung sekolah mengatakan mereka telah menangkap satu siswa, yang diduga sebagai pelaku penyerangan, serta menemukan bahan-bahan peledak di gedung itu.

Suara-suara tembakan bergema di udara di SMA Santa Fe pada Jumat (18/5) pukul 08.00 waktu setempat, kata sejumlah saksi kepada media setempat.

Gambar-gambar yang ditayangkan televisi secara langsung memperlihatkan barisan siswa sedang dievakuasi dari gedung itu sementara para polisi bersenjata berat bergerak di lokasi.

Kejadian itu merupakan yang terbaru dalam rangkaian panjang kasus penembakan di sekolah-sekolah AS.

Pada Februari, 17 remaja dan guru tewas ditembak di sebuah sekolah menengah atas di Parkland, Florida. Pembantaian massal itu membangkitkan perdebatan sekian lama di AS menyangkut kepemilikan senjata api.

Sheriff Wilayah Harris, Ed Gonzalez, mengatakan delapan hingga 10 orang, yang terdiri dari siswa dan orang dewasa, tewas dalam penembakan di SMA Santa Fe. Sekolah itu berada 48 kilometer di Houston tenggara.

“Ada satu orang, yaitu tersangka, yang ditahan dan kemungkinan orang kedua yang ditahan dan diperiksa,” kata Gonzalez dalam acara jumpa pers.

Sejumlah bahan peledak juga ditemukan di sekolah itu dan di luar gedung sekolah, kata Gonzalez di Twitter.

Para petugas penegak hukum sedang menjalankan pengamanan. Sekolah sudah dikosongkan.

Si tersangka adalah seorang pria berusia 17 tahun, kata seorang petugas penegak hukum yang tidak ingin disebutkan jati dirinya, kepada Reuters.

Setidaknya sembilan orang dibawa ke rumah-rumah sakit untuk diberi perawatan, kata beberapa petugas rumah sakit. Keadaan para korban belum diketahui dengan jelas. Gonzalez mengatakan seorang polisi juga sedang ditangani karena mengalami cedera.

Seorang siswa bernama Leila Butler mengatakan kepada media lokal jaringan ABC bahwa tanda bahaya kebakaran berbunyi pada sekitar pukul 07.45 waktu setempat dan para siswa bergegas keluar dari ruang kelas.

Leila juga mengatakan beberapa murid meyakini mereka mendengar suara tembakan dan bahwa ia berlindung bersama beberapa siswa dan guru lainnya di dekat gedung sekolah. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Pasca Kecelakaan Tulang Belakang, Kaki Sering Nyeri dan Perih, Apa Sebabnya?

Pada 16 tahun yang lalu saya pernah kecelakaan dan tiga ruas tulang belakang remuk. 3 bulan awal kaki kiri saya tidak bisa berjalan, 6 bulan berikutnya sudah bisa jalan walaupun tidak sekuat kaki kanan, sampai sekarang.

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER