Muslim di Kota Quebec akan Punya Pemakaman

QUEBEC – Komunitas Muslim penduduk Kota Quebec, provinsi Quebec di Kanada, akhirnya memiliki lahan pemakaman sendiri. Pemakaman Muslim Kota Quebec akan menjadi pemakaman Muslim kedua di provinsi Quebec setelah di Laval.

Radio-Canada pada Senin (20/2) melaporkan, 70 anggota jamaah masjid Centre Culturel Islamique de Québec menggunakan dana $215.000 untuk membeli tanah 12.000 meter persegi di Saint-Apollinaire di seberang sungai ibukota provinsi Quebec.

Pembelian, yang urusannya masih diselesaikan, ini mengakhiri pencarian bertahun-tahun atas lahan pemakaman untuk Muslim. Pengurus jamaah sempat akan beli tanah di dalam batas Kota Quebec, tetapi harganya $ 1 juta dan terlalu tinggi.

Masjid Centre Culturel Islamique de Québec menjadi tempat serangan yang menewaskan enam orang jamaah pada 29 Januari. Walikota Quebec Regis Labeaume, 3 Februari, berjanji memberikan tempat untuk pemakaman kaum Muslim.

Keluarga korban tewas bersedih terkait pemakanan. Di Kota Quebec tidak ada pemakaman Islam. “Kebanyakan mereka ingin korban dimakamkan di sini, tetapi sayangnya tiada pemakaman Islam,” kata Hadjira Belkacem, presiden asosiasi pemakaman Quebec Muslim, dikutip CBC News.

Sebagian korban dimakamkan di Laval, lainnya dipulangkan ke tanah leluhur.

EDITOR: Omar Ballaz

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Gus Ipul Mentransformasi Kota Pasuruan Menuju Smart City

Pemerintah cerdas adalah pemerintah yang mampu menggunakan teknologi untuk melayani masyarakat secara lebih cepat, lebih murah sekaligus lebih terukur. Dinamika perkembangan teknologi juga berpengaruh terhadap kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap pelayanan.

E-Sambat, Cara Gus Ipul Manfaatkan Teknologi Digital untuk Layani Warga Kota Pasuruan

Program Smart City atau Kota Cerdas membuat kerja pemerintah menjadi lebih efisien, termasuk dengan cepat dapat merespon berbagai keluhan masyarakat. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kota Pasuruan dengan aplikasi e-Sambat.

Smart City di Surabaya Bukan Sekadar Urusan Aplikasi

Ada enam faktor pendukung terciptanya smart city di Kota Surabaya, Jawa Timur. Program ini bukan sekadar urusan aplikasi, namun juga untuk memberdayakan UMKM.

Terinspirasi Jack Ma, Khofifah Dorong UMKM Masuk ke Dunia Digital

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sejak awal berupaya agar usaha mikro kecil menengah diberikan peluang melalui digitalisasi sistem. Ia terinspirasi Jack Ma, pemilik Alibaba Group, perusahaan e-commerce terbesar di Tiongkok.

Ketum AMSI: Kebutuhan Publik Zaman Now Bukan Hanya Hard News

Media massa digital atau dalam jaringan sudah harus mulai meninggalkan pola pikir konservatif dan konvensional. Masyarakat tak hanya butuh berita keras (hard news), tapi juga informasi keseharian.

Target Pemerintah: 6,1 Juta UMKM On Boarding Setiap Tahun

Usaha mikro kecil menengah di daerah membutuhkan teknologi digital untuk berkembang di era pandemi.

TERPOPULER

Tentang Korupsi Sektor Publik

Sebenarnya fenomena korupsi sektor publik terjadi di hampir semua Negara. Bukan hanya di Indonesia yang masuk dalam kategori negara yang belum mapan secara ekonomi. Namun korupsi sektor publikpun terjadi di negara yang sangat mapan perekonomiannya seperti Saudi Arabia.