Menlu AS Dipecat Trump

0
39
rex tillerson, donald trump
Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson (kiri), disebut-sebut menolak rekomendasi jamuan Idul Fitri. (Foto: AP Photo/Carolyn Kaster)

WASHINGTON, SERUJI.CO.ID – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson, yang dipecat Presiden Donald Trump pada Selasa (14/3), mengatakan akan berhenti berkantor pada akhir bulan.

Ia juga mengatakan dirinya telah menyerahkan semua tanggung jawab kepada pejabat tingkat kedua Departemen Luar Negeri.

“Yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa peralihan berlangsung tertib dan mulus pada saat negara terus menghadapi tantangan penting pada kebijakan dan keamanan nasional,” kata Tillerson kepada para wartawan saat acara jumpa pers di Deplu AS.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Selasa (14/3) mengatakan ia telah mengganti Menteri Luar Negeri Rex Tillerson dengan Direktur Badan Intelijen Pusat (CIA) Mike Pompeo.

Trump juga menunjuk Gina Haspel untuk menggantikan Pompeo sebagai pemimpin CIA.

Pergantian itu sejauh ini merupakan perombakan terbesar pada Kabinet Trump dan telah diperkirakan sejak Oktober lalu ketika laporan-laporan muncul soal keretakan hubungan antara Trump dan Tillerson.

Tillerson, 65, bergabung dengan pemerintahan Trump setelah ia meninggalkan jabatannya sebagai kepala eksekutif Exxon Mobil.

Trump telah beberapa kali secara terbuka meremehkan prakarsa-prakarsa diplomatik Tillerson, termasuk pada Senin ketika komentar Tillerson soal Rusia tampaknya berseberangan dengan posisi Gedung Putih.

Tillerson juga tampak dikucilkan pekan lalu ketika Trump mengumumkan bahwa ia akan bertemu dengan pemimpin Korea Utara dan menjadi presiden pertama AS yang menempuh langkah itu. (Ant/SU03)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Sriwijaya FC

Sriwijaya FC Targetkan Juara Piala Indonesia 2018

PALEMBANG, SERUJI.CO.ID - Sriwijaya FC menargetkan juara di ajang Piala Indonesia 2018 yang akan bergulir pada pertengahan Juli mendatang dan sebelumnya telah tiga kali menjuarai...
Penggelapan dana

Jadi Tahanan KPK , Dua Cawali Malang Terancam Tidak Mencoblos

MALANG, SERUJI.CO.ID -  Dua calon Wali Kota Malang (Cawali), masing-masing Ya'qud Ananda Qudban dan Moch Anton terancam tidak bisa menggunakan hak politiknya dan mencoblos pada...

Polisi Kerahkan Ratusan Personel Amankan Pilgub Jateng

BANJARNEGARA, SERUJI.CO.ID - Kepolisian Resor Banjarnegara akan menyiagakan sekitar 435 personel untuk mengamankan jalannya Pemilihan Gubernur Jawa Tengah yang akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018...

FIFA Bantah Kasus Doping Pemain Rusia

RUSIA, SERUJI.CO.ID -  FIFA pada Ahad (24/6) menolak laporan media Inggris yang menyatakan adanya kasus doping yang ditutup-tutupi di antara pemain sepak bola tim nasional...
Orang tenggelam

Wisatawan Danau Tambing Dilaporkan Hilang Tenggelam

PALU, SERUJI.CO.ID - Seorang pengunjung obyek wisata Danau Tambing, di Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, dilaporkan tenggelam saat menikmati keindahan...