Korban Tewas Jatuhnya Pesawat di Kuba Jadi 111 Orang


HAVANA, SERUJI.CO.ID – Jumlah korban tewas pada salah satu bencana udara terburuk di Kuba meningkat menjadi 111 pada Senin (21/5), sementara Meksiko menangguhkan kegiatan perusahaan Meksiko yang telah menyewakan Boeing 737 berusia 39 tahun ke maskapai utama Kuba.

Grettel Landrove, seorang mahasiswi Kuba berusia 23 tahun yang gemar menari flamenco meninggal di sebuah rumah sakit Havana akibat luka traumatik berat, demikian laporan media pemerintah Kuba.

Dua wanita Kuba masih tetap dalam kondisi kritis karena luka bakar dan trauma lainnya, dengan risiko komplikasi yang tinggi, menurut laporan media. Kemajuan kesehatan mereka sedang diikuti oleh banyak orang Kuba melalui pembaruan kabar dari rumah sakit.

Pesawat itu terjatuh tak lama setelah tinggal landas pada penerbangan domestik dari Havana ke kota timur Holguin pada Jumat (18/5) dalam salah satu bencana udara terburuk di Kuba.

Kecelakaan itu telah menewaskan 100 orang Kuba, 7 orang Meksiko, dua orang Argentina serta dua orang Sahrawi, daerah yang disengketakan di Sahara Barat yang dikenal sebagai Republik Demokratik Arab Sahrawi.

Pesawat yang terjatuh merupakan Boeing 737 yang dibangun pada 1979 dan disewakan ke perusahaan transportasi utama Kuba, “Cubana,” oleh sebuah perusahaan kecil bernama “Damojh.”

Otoritas penerbangan sipil Meksiko mengatakan pada Senin pihaknya telah menangguhkan sementara kegiatan “Damojh” sementara memastikan perusahaan mematuhi peraturan dan mengumpulkan informasi untuk membantu penyelidik menemukan penyebab kecelakaan itu.

“Damojh,” yang memiliki tiga pesawat Boeing 737 sebelum kecelakaan itu, telah ditangguhkan dua kali sebelumnya selama tinjauan kepatuhan terhadap peraturan, kata pihak berwenang.

Kegiatannya dihentikan selama sekitar satu bulan pada 2010 setelah pesawat “Damojh” melakukan pendaratan darurat di resor pantai Meksiko Puerto Vallarta karena masalah dengan roda pendaratannya.

Otoritas menyelidiki lagi pada 2013 setelah menerima keluhan dari Marco Aurelio Hernandez, yang diidentifikasi pada akhir pekan oleh media Meksiko sebagai mantan pilot “Damojh.” Hernandez dikutip oleh surat kabar Meksiko Milenio mengkritisi “Damojh” karena kurangnya perawatan yang memadai pada pesawat-pesawatnya.

Penyelidikan pada 2013 menyebabkan penangguhan kegiatan selama sekitar dua bulan.

Kebanyakan kecelakaan pesawat membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk penyelidikan. Penyelidik Kuba sejauh ini telah memulihkan perekam suara kokpit dan masih mencari perekam data penerbangan.

Kuba akan memimpin penyelidikan, dengan bantuan penyelidik Meksiko dan Amerika Serikat, demikian media yang dikelola negara Kuba. Pihaknya akan menerima bantuan teknis dari Boeing dan Pratt & Whitney yang merupakan bagian dari grup United Technologies berbasis di AS, yang memproduksi mesin pesawat yang terjatuh.

Kecelakaan Jumat adalah yang terburuk di Kuba sejak insiden pesawat penumpang Ilyushin-62M yang dibangun Soviet terjatuh di dekat Havana pada 1989, menewaskan 126 orang di dalamnya dan 14 lainnya di darat. (Ant/Su02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Modernisasi di Sana Dimulai Dengan Pajak Untuk Pria Yang Berjenggot

Para pria dianjurkan tidak berjenggot. Bagi yang bersikeras tetap berjenggot, mereka dikenakan pajak, sesuai dengan status sosial dan profesi.. Lama saya terdiam mengenang tokoh yang begitu terobsesi membaratkan negaranya: Peter the Great. Soal jenggotpun, ia atur.

Selesai ?

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

Inilah Tulisan AR Baswedan Bantah Tudingan Gerakan Islam Bertentangan dengan Pancasila

AR Baswedan menyebut, pihak-pihak yang sering mempertentangan gerakan Islam dengan Pancasila justru adalah pihak-pihak yang pada hakikatnya tidak paham Pancasila. Justru sebaliknya, pemuka-pemuka ahli pikir Islam memberi pengertian-pengertian yang baik tentang Pancasila yang keluar dari keyakinan yang kuat.

Antisipasi Pelambatan Ekonomi, Ketua DPD Kumpulkan Kadin Provinsi se Indonesia

“Saya sengaja mengumpulkan para ketua umum Kadin provinsi, karena hari ini kita menghadapi masalah serius di sektor dunia usaha dan dunia industri," kata La Nyalla

Kontroversi Omnibus Law, Fahira: Wujud Frustasi Pemerintah atas Kemendegkan Ekonomi

Omnibus Law RUU Cipta Kerja (sebelumnya Cipta Lapangan Kerja atau Cilaka) dinilai sebagai bentuk rasa frustasi pemerintah atas kemandegkan ekonomi yang terjadi lima tahun belakangan ini.

TERPOPULER

Mars Ya Lal Wathon Berkumandang di Istiqhotsah Kubro NU

Indonesia Biladi, Anta ‘Unwanul Fakhoma, Kullu May Ya’tika Yauma, Thomihay Yalqo Himama
close