Polda DIY Tangkap Pelaku Penipuan Berkedok Sumbangan

0
31
Tersangka (ilustrasi)

YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pelaku penipuan berkedok sumbangan senilai total ratusan juta rupiah dengan mencatut nama penceramah kondang Ustadz Wijayanto.

“Pelakunya ditangkap di Lampung,” kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskimum) Polda DIY Kombes Hadi Utomo, di Mapolda DIY, Jumat (29/6).

Modus pelaku, kata dia, adalah mencari keuntungan untuk pribadinya dengan cara membuka akun instagram atas nama Ustadz Wijayanto. Padahal, berdasarkan hasil penyidikan, penceramah yang kerap muncul di layar televisi itu sama sekali tidak pernah melakukan itu.

Menurut dia, dengan menggunakan akun palsu tersebut pelaku menghimpun uang berkedok sumbangan hingga mencapai ratusan juta rupiah dalam kurun waktu lima hingga enam bulan.

“Kami melakukan penyelidikan setelah diketahui IP-nya, kemudian (diketahui) di mana dia lalu kita tangkap orangnya. Ditangkap beberapa hari setelah Lebaran,” kata dia.

Hadi mengatakan penipuan itu ditangani oleh petugas Polda DIY setelah Ustadz Wijayanto mengkonsultasikan peristiwa yang telah menimpanya tersebut. Petugas Polda DIY juga telah mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari uang tunai, bukti setor, serta akun instagram yang digunakan pelaku.

“Saya berteman dengan beliau (Ustadz Wijayanto), kemarin bercerita ada seseorang menggunakan instagram memakai nama beliau kemudian digunakan untuk ngumpulin uang,” kata dia.

Menurut dia, pelaku saat ini sudah ditahan di Mapolda DIY di bawah penanganan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY.

“Karena masuk ranah Ditreskrimsus, maka setelah kita tangani kita limpahkan ke Ditreskrimsus supaya lebih profesional,” kata Hadi.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan melanggar pasal 28 ayat 2 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pelanggaran pasal itu diancam pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
Telur ayam naik

Heboh Soal Telur Naik: Mendag Tuding Piala Dunia, Mentan Sebut Karena Musim Haji

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Harga telur yang naik tinggi belakangan ini, sampai menyentuh Rp30 ribu perkilogram jadi perbincangan di tengah masyarakat. Bukan hanya karena tingginya...
Caleg

Terkait Menteri Nyaleg, Gerindra: Sebaiknya Mundur

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Wakil Ketua Komisi II DPR Ahmad Riza Patria menyarankan menteri-menteri yang menjadi calon anggota legislatif untuk Pemilu 2019 mundur dari jabatannya...

Terkait Pencalegan Kapitra lewat PDIP, Habib Rizieq: Jangan Lagi Ada di Kapal Kami

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Habib Rizieq Shihab telah mengeluarkan seruan yang tegas agar umat Islam tidak berhubungan dan mendukung partai-partai penista agama pada pemilu 2019....

Tiga Menteri PKB Nyaleg, Kata Cak Imin Tak Akan Ganggu Pemerintahan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yakin bahwa tiga menteri dari PKB yang mencalonkan...
Telur ayam naik

Di Banjar, Harga Daging dan Telor Ayam Melonjak Tinggi

KOTA BANJAR, SERUJI.CO.ID - Harga telur ayam dan daging ayam di pasar Banjar, Jawa Barat, mengalami kenaikan harga. Berdasarkan pantauan di pasar Banjar Jumat...