Polda DIY Tangkap Pelaku Penipuan Berkedok Sumbangan


YOGYAKARTA, SERUJI.CO.ID –  Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta menangkap pelaku penipuan berkedok sumbangan senilai total ratusan juta rupiah dengan mencatut nama penceramah kondang Ustadz Wijayanto.

“Pelakunya ditangkap di Lampung,” kata Direktur Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskimum) Polda DIY Kombes Hadi Utomo, di Mapolda DIY, Jumat (29/6).

Modus pelaku, kata dia, adalah mencari keuntungan untuk pribadinya dengan cara membuka akun instagram atas nama Ustadz Wijayanto. Padahal, berdasarkan hasil penyidikan, penceramah yang kerap muncul di layar televisi itu sama sekali tidak pernah melakukan itu.

Menurut dia, dengan menggunakan akun palsu tersebut pelaku menghimpun uang berkedok sumbangan hingga mencapai ratusan juta rupiah dalam kurun waktu lima hingga enam bulan.

“Kami melakukan penyelidikan setelah diketahui IP-nya, kemudian (diketahui) di mana dia lalu kita tangkap orangnya. Ditangkap beberapa hari setelah Lebaran,” kata dia.

Hadi mengatakan penipuan itu ditangani oleh petugas Polda DIY setelah Ustadz Wijayanto mengkonsultasikan peristiwa yang telah menimpanya tersebut. Petugas Polda DIY juga telah mengamankan sejumlah barang bukti mulai dari uang tunai, bukti setor, serta akun instagram yang digunakan pelaku.

“Saya berteman dengan beliau (Ustadz Wijayanto), kemarin bercerita ada seseorang menggunakan instagram memakai nama beliau kemudian digunakan untuk ngumpulin uang,” kata dia.

Menurut dia, pelaku saat ini sudah ditahan di Mapolda DIY di bawah penanganan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda DIY.

“Karena masuk ranah Ditreskrimsus, maka setelah kita tangani kita limpahkan ke Ditreskrimsus supaya lebih profesional,” kata Hadi.

Atas perbuatannya, pelaku disangkakan melanggar pasal 28 ayat 2 Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Pelanggaran pasal itu diancam pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar. (Ant/SU02)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close