Samsung Menguasai Indonesia, Iphone Merajai Dunia


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Hingga akhir tahun ini, Samsung masih mendominasi pangsa pasar smartphone (telepon pintar) di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC), penjualan telepon pintar asal negara Korea Selatan tersebut pada triwulan III 2017 telah menguasai 30 persen pasar telepon pintar di tanah air. Namun, pangsa pasarnya telah menyusut dibanding pada triwulan III tahun sebelumnya mencapai 32,2 persen.

Sedangkan diurutan kedua pangsa pasar smartphone terbesar adalah Oppo, yaitu mencapai 25,5 persen dan di posisi ketiga adalah Advan sebesar 8,3 persen. Kemudian Vivo mencapai 7,5 persen dan Xiomi 6,2 persen.

Walaupun Samsung masih menguasai pasar penjualan telepon pintar di Indonesia, tiga pabrikan telepon pintar asal Tiongkok seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi telah menguasai lebih dari 39 persen. Harga smartphone asal Negeri Tirai Bambu yang lebih murah menjadi pilihan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan pabrikan asal negara lainnya. Yang menarik, pabrikan telepon pintar lokal, yakni Advan mampu menembus di lima besar.

Sementara Samsung menguasai pasar penjualan telepon pintar di Indonesia, Iphone telah berhasil menjadi raja telepon pintar dunia setelah mengalahkan penjualan Samsung pada triwulan IV 2016. Data IDC yang dirilis 1 Februari 2017 menunjukkan bahwa pengapalan ke seluruh penjuru dunia iPhone pada triwulan IV 2016 mencapai 78,3 juta unit naik 4,7 persen dari periode yang sama 2015. Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, penjualan iPhone melonjak 72 persen.

Adapun penjualan Samsung pada tiga bulan terakhir 2016 hanya sebesar 77,5 juta unit turun 5,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, Namun, jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, penjualan telepon pintar pabrikan asal Korea Selatan ini masih mencatat kenaikan 1,8 persen.

Ditariknya Samsung Galaxy Note S7 dari pasar sehubungan dengan adanya beberapa kasus meledaknya baterai di gadget tersebut memberi berkah pada Apple Inc. Pabrikan telepon pintar asal Amerika Serikat berhasil mencatatkan penjualan tertingginya sepanjang sejarah. Kesalahan yang dilakukan Samsung tersebut mampu dimanfaatkan iPhone untuk menjadi raja smartphone dunia di akhir 2016. (Jrt/Hrn)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Goenawan Mohamad, Nyaplok JP dan Ngobok-obok PAN

Setelah berhasil mengobok-obok dan mencaplok Jawa Pos, Goenawan Mohamad (GM) sekarang mengalihkan operasinya dengan mengobok-obok PAN (Partai Amanat Nasional).

Krisis Akal Budi

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close