Samsung Menguasai Indonesia, Iphone Merajai Dunia

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Hingga akhir tahun ini, Samsung masih mendominasi pangsa pasar smartphone (telepon pintar) di Indonesia. Berdasarkan data yang dirilis oleh International Data Corporation (IDC), penjualan telepon pintar asal negara Korea Selatan tersebut pada triwulan III 2017 telah menguasai 30 persen pasar telepon pintar di tanah air. Namun, pangsa pasarnya telah menyusut dibanding pada triwulan III tahun sebelumnya mencapai 32,2 persen.

Sedangkan diurutan kedua pangsa pasar smartphone terbesar adalah Oppo, yaitu mencapai 25,5 persen dan di posisi ketiga adalah Advan sebesar 8,3 persen. Kemudian Vivo mencapai 7,5 persen dan Xiomi 6,2 persen.

Walaupun Samsung masih menguasai pasar penjualan telepon pintar di Indonesia, tiga pabrikan telepon pintar asal Tiongkok seperti Oppo, Vivo dan Xiaomi telah menguasai lebih dari 39 persen. Harga smartphone asal Negeri Tirai Bambu yang lebih murah menjadi pilihan masyarakat Indonesia dibandingkan dengan pabrikan asal negara lainnya. Yang menarik, pabrikan telepon pintar lokal, yakni Advan mampu menembus di lima besar.

Sementara Samsung menguasai pasar penjualan telepon pintar di Indonesia, Iphone telah berhasil menjadi raja telepon pintar dunia setelah mengalahkan penjualan Samsung pada triwulan IV 2016. Data IDC yang dirilis 1 Februari 2017 menunjukkan bahwa pengapalan ke seluruh penjuru dunia iPhone pada triwulan IV 2016 mencapai 78,3 juta unit naik 4,7 persen dari periode yang sama 2015. Jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, penjualan iPhone melonjak 72 persen.

Adapun penjualan Samsung pada tiga bulan terakhir 2016 hanya sebesar 77,5 juta unit turun 5,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya, Namun, jika dibandingkan dengan triwulan sebelumnya, penjualan telepon pintar pabrikan asal Korea Selatan ini masih mencatat kenaikan 1,8 persen.

Ditariknya Samsung Galaxy Note S7 dari pasar sehubungan dengan adanya beberapa kasus meledaknya baterai di gadget tersebut memberi berkah pada Apple Inc. Pabrikan telepon pintar asal Amerika Serikat berhasil mencatatkan penjualan tertingginya sepanjang sejarah. Kesalahan yang dilakukan Samsung tersebut mampu dimanfaatkan iPhone untuk menjadi raja smartphone dunia di akhir 2016. (Jrt/Hrn)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Corpopreneur Yes! Entrepreneur No!

Kita tidak butuh lagi peningkatan jumlah atau persentase entrepreneur. Yang dibutuhkan adalah bagaimana membesarkan perusahaan-perusahaan gurem itu menjadi perusahaan perusahaan besar. Perusahaan-perusahaan prinsipal yang karyawannya puluhan ribu bahkan ratusan ribu orang.

PR Mendikbud Nadiem: Jadikan Mapel Sejarah Penguat Pendidikan Karakter

Setelah sempat menjadi polemik panas, informasi yang yang menyebutkan mata pelajaran (mapel) Sejarah akan dihapus dari kurikulum sekolah sudah diklarifikasi langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

Bahagia itu Tidak Bersyarat

Bahagia adalah kata yang tidak asing bagi kita semua. Bahagia merupakan impian semua orang yang hidup di dunia ini. Bahkan tidak hanya di dunia, di Akhirat pun kita mendambakannya. Setiap waktu kita berdoa untuk meraih kebahagian ini, sayang kita tidak pernah belajar bagaimana mencari, menggapai, menemukan kebahagiaan itu.

Diabetes Melitus: Mengingkari Diagnosis Dapat Berakibat Fatal

Bermacam reaksi pasien ketika pertama kali diberitahu bahwa mereka menderita diabetes melitus. Ada pasien yang dapat memerima dengan tenang, memahaminya, ada juga yang kecewa, stress, tidak percaya, marah, tidak menerimanya, atau bahkan mengingkarinya.

Innalillahi, Indonesia Kembali Berduka Mantan Mendiknas Prof Malik Fadjar Wafat

Indonesia kembali kehilangan putra  terbaiknya, hari ini, Senin (7/9), dengan wafatnya Prof Abdul Malik Fadjar, mantan Menteri Pendidikan Nasional (2001-2004).

Boneka Cantik dari Balaikota

Seperti drama korea (drakor), ada yang menangis ada yang tertawa. Akhirnya perburuan rekom PDIP untuk pilwali Surabaya mencapai antiklimaks, Rabu (2/9). And the winner is...Tri Rismaharini sebagai sutradara terbaik. Whisnu berusaha tatag, berdiri di depan kamera menghadap Megawati Soekarnoputri. "Aku tidak akan buang kamu, Whisnu," kata Mega.

Pria 57 Tahun di Bogor: Jari Kaki Terasa Kaku, Bekas Luka Menghitam dan Bersisik

Dok, jari-jari kaki saya terasa kaku, agak mati rasa kadang nyeri, terus kaki kanan di atas mata kaki awalnta gatal saya garuk luka, sekarang sembuh tapi kulitnya jadi bersisik dan menghitam. Ini indikasi apa ya dokter?

TERPOPULER