Naik Hingga 275 Persen, Lebih 2 Juta Turis Asal Tiongkok ke Indonesia Sepanjang 2017

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Dalam lima tahun terakhir, angka kunjungan turis asal Tiongkok ke Indonesia mengalami kenaikan sebanyak 275 persen, dengan jumlah kunjungan mencapai 2,06 juta di tahun 2017.

Hal tersebut, menurut Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian, mengindikasikan kemajuan dalam kontak antar manusia dari Indonesia dan Tiongkok.

“Dalam lima tahun terakhir, kontak antar masyarakat telah memasuki fase baru. Telah terjadi banyak pertukaran baik dalam bidang pariwisata, pendidikan, media, aktifitas generasi muda dan olah raga,” katanya saat memberikan pidato pembukaan dalam acara seminar ‘Indonesia-China 5 Years of Comprehensive Strategic Partnership di Jakarta, Selasa (27/11).

Sebelumnya telah dilaporkan bahwa Indonesia sendiri telah menjadi salah satu dari 10 besar negara tujuan wisatawan Tiongkok di tahun 2017.

Indonesia sendiri gencar melakukan promosi pariwisata di Tiongkok karena potensi pasar di negara Tirai Bambu itu diyakini cukup besar, dan pemerintah Indonesia telah menentukan target sebesar 2,6 juta kunjungan dari wisatawan Tiongkok selama tahun 2018 ini.

Menurut Dubes Xiao Qian, hubungan antar masyarakat kedua negara harus terus diperkuat, karena hal tersebut menjadi salah satu kunci dari kemitraan bilateral dua negara yng kokoh.

“Kita harus terus melakukan usaha yang konsisten untuk memperluas dan memperdalam pertukaran antar manusia di berbagai bidang, termasuk media, keagamaan, aktifitas generasi muda, olah raga dan pariwisata, guna mrningkatkan dukungan publik atas hubungan Indonesia dengan Tiongkok,” jelasnya.

Lima tahun yang lalu, pemimpin Indonesia dan Tiongkok sepakat untuk mengubah kemitraan komprehensif kedua negara menjadi hubungan komprehensif strategis.

Sejak diubahnya status hubungan tersebut, Dubes Xiao meyakini bahwa hubungan bilateral Indonesia dan Tiongkok kian mengalami kemajuan, termasuk di dalam hubungan antar masyarakat. (Ant/SU01)

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Mengarahkan Gerakan NKRI Bersyariah

Walau begitu, sekali lagi percayalah bahwa perjuangan Islam politik untuk menjadikan Indonesia sebagai negara Islam tak akan pernah mati. Ia akan terus bermetamorfosa dan tersimpan rapi dalam memori kolektif kelompok Islam politik.

Disabilitas Mental dan Pemilu

Ketika Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa KPU mendata pemilih penyandang disabilitas mental atau sakit jiwa, muncul pertanyaan penderita penyakit jiwa mana yang diberikan hak untuk memilih?

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER