Menpar: Digital Destination Jadi Strategi Merebut Wisatawan Mancanegara

0
117
  • 7
    Shares
Digital Destination
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membuka Rakornas Kemenpar I 2018, bertema ‘Digital Destination & Nomadic Tourism’, di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung, Kamis (22/3/2018).

NUSA DUA, SERUJI.CO.ID – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kementerian Pariwisata (Kemenpar) I 2018, bertema ‘Digital Destination & Nomadic Tourism’, bertempat di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Nusa Dua, Badung, Kamis ( 22/3).

Rakornas diharapkan dapat menghasilkan sejumlah keputusan strategis di antaranya komitmen Pemerintah Daerah dalam mengembangkan destinasi digital dengan target 100 pasar digital di 34 provinsi, dukungan regulasi terhadap pengembangan 10 nomadic tourism (glamp camp, home pod, dan caravan) serta dukungan regulasi aksesibilitas untuk sea plane.

Menpar Arief Yahya menyatakan, digital destination dan nomadic tourism sebagai strategi untuk merebut wisatawan mancanegara (wisman). Dimana tahun ini mentargetkan 17 juta wisman dan akan meningkat menjadi 20 juta wisman pada 2019.

Dia menjelaskan, bahwa destinasi digital adalah destinasi yang heboh di dunia maya, viral di media sosial, dan nge-hits di Instagram. Generasi milenial atau lebih populer Kids Zaman Now sering menyebut diferensiasi produk destinasi baru ini dengan istilah instagramable.

”Kami ingin tahun 2018 ini ada 100 Destinasi Digital di 34 provinsi di Tanah Air,” jelasnya.

Dia mengatakan, digital destination menjadi tuntutan di era digital, dimana generasi milenial atau Kids Zaman Now adalah sebagai konsumen yang paling haus akan pengalaman (experience) dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Hasil survei di seluruh dunia (Everbrite-Harris Poll, 2014) membuktikan bahwa milenial lebih memilih menghabiskan uang mereka untuk pengalaman (experience) ketimbang barang (material goods).

Langganan berita lewat Telegram
loading...
1
2
Loading...
BACA JUGA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

TERBARU