Londa, Goa Batu yang penuh Tengkorak

0
157
foto: SERUJI/Mira

​​MAKASSAR – Belum lengkap rasanya apabila Anda ke Toraja, tapi tidak sempat menginjakan kaki di Londa. Untuk bisa sampai ke Londa, Anda harus menempuh jarak 7 kilometer dari kota Makale, ibu kota kabupaten Tana Toraja. Ia terletak di desa Sendan Uai, Kecamatan Sanggalangi.

Londa ini adalah sebuah goa batu yang berfungsi sebagai kuburan atau makam. Didalam goa Londa ini banyak sekali terdapat tulang belulang dan tengkorak manusia. Tapi meskipun begitu, udara disana tetap sejuk dan tidak berbau.

Tulang belulang dan tengkorak manusia itu sebagian besar sudah berumur puluhan bahkan ratusan tahun dari masyarakat asli Toraja. Mayat yang meninggal disana, dimasukkan ke dalam peti dan dimasukkan kedalam goa. Itulah sebabnya banyak sekali peti didalamnya.

Dipintu masuk sebelum goa, banyak patung-patung yang jenazahnya ada di dalam goa Londa tersebut. Patung–patung yang disebut tau-tau itu dibuat untuk jenazah yang mempunyai pengaruh sosial tinggi. Tau-tau tersebut bernilai sangat tinggi sehingga rawan pencurian.

Untuk dapat masuk kedalam goa, Anda harus mempersiapkan senter, headlamp atau dapat menyewa lampu patromak ke warga sekitar. Selain itu, Anda juga harus ditemani oleh guide agar tidak tersesat.

EDITOR: Iwan S

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU