Cara Sederhana Menghilangkan Bau Pada Sepatu

Bau tak sedap pada kaki yang muncul saat melepas sepatu bisa karena bakteri dan jamur bercampur dengan keringat anda.

0
15
  • 5
    Shares
Manfaat jalan kaki
Manfaat jalan kaki (foto: istimewa)

SERUJI.CO.ID – Di musim hujan begini sepatu sering kali basah karena terkena genangan air. Akibatnya bisa menimbulkan bau tak sedap pada kaki, ketika anda melepas sepatu.

Pada dasarnya, bau kaki pada sepatu dihasilkan oleh bakteri dan jamur yang bercampur dengan keringat. Kondisi lembab dalam sepatu, semakin memperburuk keadaan karena menjadi lahan pertumbuhan bakteri.

Agar sepatu tidak semakin bau, anda perlu sering mencuci dan mengeringkan sepatu. Kenali jenis sepatu anda, gunakan detergen dengan bijak saat mencuci agar warna sepatu tidak mudah pudar.

Apabila tidak sempat cuci sepatu, anda cukup mengeringkan sepatu dengan cara diangin-anginkan saja. Anda bisa melakukan hal ini saat weekend.

Selain cara diatas, anda bisa juga menaburi sepatu dengan bubuk sodak kue atau bedak bayi. Taburkan sedikit saja ke dalam sepatu, dan biarkan semalaman. Bubuk ini dapat menyerap bau tak sedap dalam sepatu. Namun jangan lupa untuk membersihkan bubuk sebelum memakai sepatu.

Saat anda membeli sepatu, biasanya toko akan memasukkan beberapa lembar koran bekas. Bukan tanpa sebab, koran ternyata mampu menyerap bau tak sedap dalam sepatu. Buatlah gumpalan kertas koran, dan sumpal ke dalam rongga sepatu.

Selama sepatu tidak dipakai, anda bisa memakai teknik ini. Memasukkan koran ke dalam sepatu juga dapat menjaga bentuk sepatu.

Jika cara tersebut tidak mempan, anda bisa membeli produk semprotan penghilang bau yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa untuk membeli produk sepaket dengan pewangi. (Nia)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU