Mengenal Gejala Tipes Dan Cara Pengobatannya

Tipes berawal dari makanan dan lingkungan kotor yang masuk ke dalam tubuh.

0
25
  • 4
    Shares
insomnia
Ilustrasi insomnia (foto: istimewa)

SERUJI.CO.ID – Tipes adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella thyphi, yang biasa tersebar melalui makanan atau minuman yang tidak higienis.

Bakteri itu juga bisa menyebar melalui feses atau urine orang yang terinfeksi tipes. Bahkan, anda dapat terinfeksi tipes, jika anda makan makanan yang dipegang oleh orang yang terinfeksi bakteri tersebut dan belum cuci tangan.

Bakteri tersebut juga banyak berada di permukiman kumuh dengan sanitasi buruk. Penyakit ini rentan menulari anak-anak, karena kekebalan tubuh mereka masih lemah. Oleh karena itu, imunisasi merupakan langkah penting untuk mencegah berbagai macam penyakit termasuk tipes.

Vaksin tifoid biasanya diberikan kepada anak di atas usia 2 tahun. Selanjutnya dilakukan pengulangan vaksin setiap tiga tahun sekali.

Menjaga kebersihan lingkungan adalah salah satu upaya untuk mencegah bakteri tifoid berkembang. Biasakan untuk selalu mencuci tangan sebelum makan, dan hindari makanan-makanan tidak higienis yang dijual sembarangan.

Hindari makanan yang tidak tertutup apapun dan membuat lalat bebas bertebangan begitu saja. Lalat bisa membawa bakteri tersebut dan memindahkan pada makanan.

Perbanyak makan dan minum yang mengandung vitamin C, agar tubuh dapat menangkal radikal bebas penyebab penyakit. (Nia)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BERITA PILIHAN

TERBARU