PKS Menentang Keputusan Sepihak Trump Soal Yerusalem

0
65
Sohibul Iman
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman dalam orasinya di Aksi Bela Palestina di depan Kedubes AS, Jakarta, Ahad (10/12/2017). (Foto: Dok PKS)

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menentang keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang mengakui secara sepihak Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan bahwa kebijakan tersebut telah melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB yang menyatakan bahwa segala upaya untuk mengubah karakter dan status Yerusalem tidak berlaku dan semua negara diminta menerima keputusan tersebut dengan menarik apapun misi mereka dari Yerusalem.

“(Yerusalem) telah ditetapkan DK PBB sebagai daerah yang diawasi dan tidak boleh menjadi ibu kota negara manapun. Tetapi dia (Trump) secara sepihak memutuskan begitu,” ujar Sohibul di sela-sela aksi unjuk rasa memprotes kebijakan Trump atas Yerusalem di depan Kedutaan Besar AS di Jakarta, Ahad (10/12).

Rencana Trump untuk memindahkan Kedutaan Besar AS untuk Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem yang diumumkannya pada Rabu (6/12) juga dianggap menghambat proses perdamaian antara Israel dan Palestina, yang telah diupayakan selama puluhan tahun.

Sohibul berharap Trump bisa mengoreksi keputusan yang menuai kecaman dari masyarakat dunia, bahkan tidak didukung oleh warga AS sendiri.

“Atas dasar nurani kami, akal sehat dan dorongan keimanan, kami merasa wajib melawan arogansi Trump. Seluruh umat manusia tidak hanya Muslim siap melawan keputusan Trump,” ujar dia.

Pimpinan PKS itu pun mengaku siap bekerja sama dengan pemerintah untuk mendukung perjuangan rakyat Palestina yang semakin dirugikan dengan kebijakan Trump ini, melalui lobi regional maupun internasional.

Presiden Jokowi sendiri memastikan kehadirannya pada Sidang Organisasi Kerja sama Islam (OKI) yang diselenggarakan di Istanbul, Turki pada 13 Desember mendatang, untuk membahas pengakuan sepihak Trump terhadap Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, setelah menyampaikan kecaman keras Indonesia terkait isu ini.

Menlu RI Retno Marsudi pada Ahad pagi bertolak menuju Amman, Yordania untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Palestina dan Menlu Yordania menyangkut isu yang sedang menjadi sorotan internasional itu dan menyampaikan dukungan penuh Indonesia kepada Palestina.

“Kami mengapresiasi kunjungan Menlu ke Amman dan saya percaya Presiden Jokowi sudah memahami isu ini sehingga nantinya Indonesia bisa lebih berperan dalam mendorong perdamaian antara kedua negara,” tutur Sohibul. (Ant/SU02)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA
bambang soesatyo

DPR Minta Kemenag Beri Penjelasan Terkait Rekomendasi 200 Mubaligh

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meminta Kementerian Agama menjelaskan terkait kebijakan mengeluarkan rekomendasi 200 nama mubaligh, agar tidak terjadi keresahan di...
operasi pasar

Bulog Siapkan Operasi Pasar Antisipasi Lonjakan Harga Sembako

TANGERANG, SERUJI.CO.ID - Aparat Perum Bulog Divisi Regional (Divre) Tangerang, Banten, mempersiapkan operasi pasar (OP) sebagai antisipasi lonjakan harga sembako di pasar tradisional dan pusat...

Fitriani Gagal Rebut Angka Pertama Piala Uber Lawan Malaysia

BANGKOK, SERUJI.CO.ID - Pemain Indonesia Fitriani gagal meraih angka pertama bagi tim putri Indonesia, setelah menyerah kepada Soniia Cheah dari Malaysia 21-10, 17-21, 14-21...
tenaga kerja asing

Terkait Serbuan TKA, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

PADANG, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi menanggapi isu maraknya serbuan tenaga kerja asing khususnya dari China dalam kunjungan kerjanya ke Padang, Senin (21/5), setelah salah...

Dikalahkan Persela Lamongan, Persija Ajukan Protes ke PSSI

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Persija Jakarta secara resmi mengajukan protes resmi kepada Komisi Disiplin PSSI dan PT Liga Indonesia Baru terkait kepemimpinan wasit Annas Apriliandi...