KPU Tetapkan Debat Capres Dibagi Enam Segmen

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyatakan bahwa lembaganya menyepakati beberapa hal tentang debat kandidat pada 17 Januari 2019 mendatang. Kesepakatan itu, setelah KPU rapat dengan masing-masing tim pemenangan pasangan capres dan cawapres di Jakarta, Senin (7/1).

Rapat KPU dengan masing-masing tim sukses itu tertutup untuk wartawan. Kubu Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin diwakili Aria Bima dan Lukman Eddy. Sementara itu, kubu Prabowo Subianto-Sandiga Uno diwakili Priyo Budi Santoso.

Salah satu kesepakatannya ialah debat diselenggarakan dalam enam segmen.

“Segmen pertama, penyampaian visi misi dari masing-masing pasangan calon,” ujar Ketua KPU, Arief Budiman, di Jakarta, Senin (7/1).

Baca juga: Inilah Jadwal Lengkap Debat Capres-Cawapres Pilpres 2019

Segmen kedua dan ketiga, menjawab pertanyaan terbuka.

“Pada segmeni ini, pasangan calon menjawab pertanyaan yang telah disusun panelis dan sudah diberikan kepada masing-masing paslon sepekan sebelum debat,” ujarnya.

Segmen keempat dan kelima, masing-masing pasangan calon melemparkan pertanyaan kepada pasangan calon lainnya, dan melakukan debat antarkandidat atas pertanyaan dan jawaban yang diberikan.

“Jadi, pertanyaan yang diajukan oleh masing-masing paslon kepada paslon yang lain itu segmen keempat dan kelima,” ujarnya.

Baca juga: KPU: Daftar Pertanyaan Debat Capres Selesai Disusun Panelis

Segmen keenam, kata Arief, KPU memberikan waktu kepada masing-masing pasangan calon untuk memberi pernyataan penutup (closing statement).

Setelah selesai acara, KPU menyiapkan waktu konferensi pers bersama dari tim kampanye 01 dan tim kampanye 02.

“Jadi, kami ingin membangun kultur baru bahwa pemilu ini bisa dilakukan kompetisinya dengan selalu bersama-sama selalu bergandengan tangan,” pungkasnya.

Dalam rapat itu, KPU juga menekankan tiga isu yang belakangan menjadi polemik yakni soal keputusan KPU memberikan kisi-kisi pertanyaan dari panelis, keputusan KPU tidak memfasilitasi penyampaian visi misi, serta soal berkurangnya jumlah panelis, ketiganya sudah disepakati kedua tim pasangan calon.

Baca juga: BPN Bantah Tudingan TKN Jokowi: Mana Mungkin Prabowo-Sandi Menolak Debat

KPU menekankan mengambil keputusan itu dengan melibatkan dan persetujuan kedua timses.

Debat capres-cawapres pertama diselenggarakan pada Kamis (17/1), di Hotel Bidakara, Jakarta dengan mengangkat tema, hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. (SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

Tekan Hoaks Selama Pilkada 2020, AMSI Gelar Cek Fakta di 16 Wilayah

Kegiatan Cek Fakta sebagai bentuk kontribusi AMSI kepada publik dengan memberikan informasi yang bermutu selama masa Pemilihan Kepala Daerah 2020 dan menekan hoaks (mis/disinformasi) yang berpotensi beredar selama berlangsungnya masa kampanye dan Debat Pilkada 2020.

TERPOPULER