KPU: Daftar Pertanyaan Debat Capres Selesai Disusun Panelis


JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan daftar pertanyaan debat capres perdana telah selesai disusun oleh panelis. Daftar pertanyaan tersebut selanjutnya akan diperiksa oleh KPU.

“Daftar soal sudah selesai dibikin dari panelis, yang disusun pada hari Sabtu-Minggu kemarin. KPU perlu waktu beberapa hari untuk memeriksa soal itu baik dari sisi redaksi maupun dari sisi konten,” kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Senin (7/1).

Pramono mengatakan KPU akan memastikan redaksional pertanyaan yang disusun panelis agar mudah dibaca oleh moderator.

“KPU juga akan memastikan soal tidak merugikan atau menguntungkan salah satu kandidat,” kata Pramono.

Baca juga: KPU Beberkan Alasan Beri Pertanyaan ke Paslon Sepekan Sebelum Debat

Dengan penyerahan daftar pertanyaan dari panelis kepada KPU, maka tugas panelis telah selesai. Selanjutnya, para panelis akan hadir dalam acara debat dalam status sebagai undangan KPU RI.

“Pada saatnya nanti, soal yang ada diletakkan dalam wadah kaca yang akan diundi oleh masing-masing kandidat dan diserahkan kepada moderator untuk dibacakan,” ujarnya.

Terkait rencana KPU memberikan kisi-kisi atau daftar pertanyaan, Pramono menyampaikan hal itu sudah disepakati kedua timses pasangan calon dalam rapat yang diselenggarakan bersama.

Baca juga: Dapat Bocoran Pertanyaan Sebelum Debat, TKN Jokowi Apresiasi KPU

Debat capres perdana akan dilaksanakan 17 Januari 2019 dengan tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Para panelis pembuat pertanyaan debat perdana terdiri dari enam tokoh, yakni yakni Prof Hikmahanto Juwana (Guru Besar Hukum UI), Prof Bagir Manan (mantan Ketua MA), Ahmad Taufan Damanik (Ketua Komnas HAM), Bivitri Susanti (ahli tata negara), Margarito Kamis (ahli tata negara), dan unsur pimpinan KPK. (Ant/SU05)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Breaking News: Akhirnya, Presiden Jokowi Putuskan Tes Massal Covid-19

Tidak mengambil kebijakan Lockdown, Presiden Jokowi akhirnya lebih memilih melakukan tes massal Covid-19.

Tahukah Anda, Berwudhu Dapat Kurangi Risiko Tertular Virus Corona?

Berwudhu merupakan kegiatan yang tak bisa dipisahkan dari muslim.. Tahukah anda bahwa berwudhu bisa mengurangi resiko tertular virus Corona?

Cegah Kepanikan, AMSI Imbau Media Kedepankan Kode Etik dalam Pemberitaan Wabah Corona

Wens menjelaskan beberapa langkah yang harus dilakukan media-media anggota AMSI dalam pemberitaan terkait virus Covid-19 tersebut.

Fahira: Milenial Butuh Teladan, Bukan Tik Tok untuk Membumikan Pancasila

"Membumikan Pancasila secara populer sah-sah saja, tetapi yang dibutuhkan millenial saat ini bukan itu. Milenial butuh teladan dari para penyelenggara negara dan para pemimpin bangsa," kata Fahira

Begini Ciri Rumah Idaman untuk Pasangan Muda

Beberapa waktu lalu, portal properti Lamudi melakukan survei tentang rumah impian bagi pasangan muda, survei tersebut dilakukan kepada 100 pasangan yang baru menikah. Inilah hunian idaman untuk pasangan muda.....

5 Alasan Kita Perlu Membuat Undangan Pernikahan Digital

Kini era sudah berubah. Kini ada sebuah cara baru untuk mengirim undangan pernikahan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan situs desain online, di mana kita bisa menciptakan desain sendiri, juga memanfaatkan Internet untuk mengirimkannya.

TERPOPULER

close