Emil Jadi Cawagub Khofifah, PDIP Meradang

0
676
Foto yang beredar luas di Whatsapp, rekomendasi Demokrat untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak.

SURABAYA, SERUJI.CO.ID – PDI Perjuangan telah berupaya mencegah agar Bupati Trenggalek Emil Elistianto Dardak tidak ikut dalam kontestasi Pilgub Jatim 2018. Namun upaya itu gagal, hingga akhirnya partai besutan Megawati Soekarnoputri ini pasrah.

“Kalau kemudian Emil Dardak berubah dan mengambil pilihan politik berbeda, maka keputusan itu di luar kuasa kami. Yang jelas PDIP tidak pernah diajak bicara. Kami ikhlaskan Emil yang memilih jalannya sendiri,” kata Ketua DPC PDIP Trenggalek, Doding Rahmadi, kepada SERUJI, Kamis (23/11).

Kata Doding, PDIP sebagai parpol pengusung Emil pada Pilkada Trenggalek 2015 lalu, telah berupaya maksimal agar Emil tak maju di Pilgub Jatim. Ini dilakukan agar pasangan Emil dan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin bisa menuntaskan tugasnya memimpin Trenggalek.

“Harmoni pemimpin ini pula yang diinginkan rakyat Trenggalek,” katanya.

Menurut Doding, hubungan PDIP dengan Emil sejauh ini berlangsung baik. Ini lantaran Emil tercatat sebagai kader PDIP.

“Kami menduga, Emil tak betah di Trenggalek, karena itu tidak tertantang untuk membenahinya. Sehingga di tengah jalan Emil berubah haluan dan mengambil pilihan politik berbeda dari mandat yang diterimanya. Sebab Pilkada Jatim tangga untuk kenaikan karir pemerintahan? Itu dugaan kami. Semoga tidak benar,” ujarnya.

Sebagai salah satu Parpol yang ikut mengusung pasangan Emil-Arifin di Pilkada 2015, PDIP berharap Emil meminta maaf kepada rakyat Trenggalek karena demi Pilgub Jatim telah menciderai mandat rakyat yang telah memilihnya di Pilkada Trenggalek dua tahun silam.

“Selebihnya kami berharap Emil tetap semangat dan istiqomah dalam menyelesaikan mandat serta janji kampanye. Terlebih nanti pasca-penetapan calon gubernur dan calon wakil gubernur oleh KPU, Pak Bupati harus cuti, dan pimpinan pemerintahan dipegang Wakil Bupati,” katanya.

Partai Demokrat memberikan rekomendasi kepada pasangan cagub/cawagub Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak untuk maju di Pilgub Jatim 2018.

Penetapan Emil sebagai pendamping Menteri Sosial yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU, itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas, Jakarta. (Amal/Hrn)

loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

BACA JUGA

RUU Antiterorisme Atur Ancaman Teroris Libatkan Anak

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Anggota Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang tentang perubahan UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Dave Laksono mengakui ada pasal...

Persebaya Alami Krisis Lini Belakang

SURABAYA, SERUJI.CO.ID - Kesebelasan Persebaya Surabaya mengalami krisis lini belakang saat menghadapi pertandingan "Derby Suramadu" melawan Madura United dalam laga pekan ke-10 Liga 1...
jokowi, joko widodo

RUU Terorisme Disahkan, Ini Tanggapan Presiden Jokowi

KUNINGAN, SERUJI.CO.ID - Presiden Jokowi memberikan tanggapan terkait Peraturan Presiden (Perpres) setelah disahkannya Revisi Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme menjadi Undang-Undang. "Perpres akan membahas teknis, hanya...

Pansus: Pemerintah Keluarkan PP Usai RUU Terorisme Disahkan

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Ketua Panitia Khusus revisi UU nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, Muhammad Syafi'i meminta pemerintah mengeluarkan Peraturan Pemerintah...

DPR Setujui RUU Terorisme Jadi UU

JAKARTA, SERUJI.CO.ID - Rapat Paripurna DPR pada Jumat (25/5) pagi menyetujui Rancangan Undang-Undang tentang Perubahan atas UU nomor 15 tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah...