Bawaslu Gelar Sidang Pendahuluan Dugaan Pelanggaran Pemilu 2019

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menggelar sidang pendahuluan kasus dugaan pelanggaran pemilu 2019 di Jakarta, Senin (27/5) pagi.

Sidang pendahuluan tersebut meliputi laporan 009/LP/PP/ADM/RI/00.00/V/2019, 05/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019, 12/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019, 13/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019, 14/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019, 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019, 24/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

Dalam sidang tersebut dipimpin oleh Ketua Bawaslu Abhan, dengan beranggotakan Komisioner Bawaslu Ratna Dewi Petalolo, Mochammad Afifuddin dan Rachmat Bagja.

Selain itu, Bawaslu juga dijadwalkan melakukan sidang pemeriksaan sebagai lanjutan atas putusan pendahuluan Bawaslu RI yang menyatakan keempat dugaan pelanggaran administrasi tersebut memenuhi syarat formil dan materiil dalam sidang pendahuluan yang digelar Kamis (23/5).

Keempat daerah tersebut adalah kasus yang diadukan oleh Jerry Sambuaga dan terlapor KPU Sulawesi Utara beserta KPU Minahasa Selatan dengan nomor laporan Nomor 01/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

Kedua, kasus yang diadukan M Syamsul Arifin dan terlapor Y Yongkynata dari perwakilan partai di Kabupaten Pamekasan dengan laporan Nomor 02/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019.

Ketiga, kasus dugaan dengan laporan Nomor 07/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 yang diadukan oleh Yomanius Untung dan terlapor Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Subang.

Serta putusan pendahuluan atas laporan Nomor 09/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 dengan pelapor Fatahillah Ramli dan pihak terlapor KPU Provinsi NTB.

Sementara itu, situasi dan kondisi di Gedung Bawaslu pada Senin pagi, kondusif, tidak ada aksi demo. Namun penjagaan aparat kepolisian di Gedung Bawaslu RI masih ketat dan kawat berduri serta beton yang ada di Jalan Thamrin di depan Gedung Bawaslu masih ditutup sehingga belum bisa dilalui.

Di dalam gedung, masih banyak aparat kepolisian, tenda dengan tempat tidur lipat untuk istirahat aparat masih berdiri di halaman parkir gedung pengawas pemilu tersebut.

Sebelumnya, Bawaslu sempat menjadi ajang aksi pada 21-22 Mei 2019, yang berujung kericuhan di sejumlah tempat.

Sumber:Ant

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Inilah 4 Keuntungan Membeli Apartemen Tipe Studio

Tinggal di apartemen saat ini sudah menjadi gaya hidup. Lokasi yang strategis dan ditunjang dengan berbagai fasilitas kemudahan menyebabkan banyak masyarakat urban, khususnya para eksekutif muda tertarik untuk tinggal di hunian vertikal.

Aksi Solidaritas Jurnalis-Aktivis di Pengadilan Tinggi Kalsel: Diananta Tidak Sendiri

Para aktivis dan jurnalis terus menggelar aksi solidaritas untuk mantan Pemred Banjarhits, Diananta Putera Sumedi yang disidang sebab menulis berita konflik lahan masyarakat adat versus perusahaan.

Masuki Masa Transisi New Normal, AMSI Jatim Keluarkan 7 Poin Imbauan

Mencermati perkembangan penyebaran Covid-19 di masa transisi New Normal yang semakin meningkat, AMSI Jawa Timur, mengeluarkan 7 poin imbauan.

CFD Kembali Ditiadakan, Fahira: Review dan Evaluasi Kunci Jakarta Kendalikan Covid-19

Senator DKI Jakarta Fahira Idris mengapresiasi keputusan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang kembali meniadakan sementara kegiatan car free day (CFD).

Inilah 5 Kota Yang Jadi Incaran Calon Pembeli Rumah Saat Pandemi Covid-19

Pandemi corona telah mengubah wajah bisnis tanah air, termasuk sektor properti. Jika dulu orang membeli rumah harus datang ke lokasi proyek, sekarang tidak lagi.

Senator DKI: Pasar Harus Jadi Area Paling Aman dari Penyebaran Corona

Pencegahan penyebaran corona di pasar termasuk pasar tradisional menjadi salah satu langkah strategis dan efektif untuk menahan laju dan menghentikan penularan dan penyebaran Covid-19 di Indonesia

TERPOPULER

Lima Macam Riba Yang Diharamkam

Jin Tidak Takut dengan Bacaan Ayat Kursi

Tiga Budaya Sunda yang Unik, Nomer 1 Sudah Jarang Ditemukan

Semua tradisi dan budaya di Indonesia unik dan mempunyai ciri khas tersendiri. Tak ketinggalan juga budaya Sunda dan segala tradisi yang dijalankan.

Kemcer Di Curug Cipeteuy