Raja Salman Bisa Mendongkrak Ekonomi Syariah Indonesia

JAKARTA – Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud diharapkan bisa mendongkrak ekonomi syariah di Indonesia. Diharapkan, investasi ekonomi syariah kian berkembang dengan datangnya investor-investor dari Arab Saudi yang ikut dalam rombongan Raja Salman.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin menyikapi kedatangan Raja Salman di Indonesia mendatang.

“Saya berharap kunjungan Raja Saudi bisa meningkatkan ekonomi syariah. Kepercayaan investasi di Indonesia juga makin meningkat. Saya juga berharap Indonesia bisa siap menerimanya,” jelas Kiai Ma’ruf, Senin (27/2).

Ia mengatakan, pusat dari kegiatan ekonomi syariah selama ini berada di London. Beberapa negara lain juga sudah menerapkan sistem ekonomi syariah Di antaranya Malaysia dan Singapura.

“London sudah menjadi pusat ekonomi syariah itu di London. London jadi kegiatan bisnis yang menarik. Kemudian, Singapura dan Malaysia juga sudah memosisikan sebagai pusat keuangan syariah. Jika Indonesia ketinggalan, dana (Timur Tengah) itu akan masuk,” ujarnya.

Kiai Ma’ruf berharap dengan kedatangan Raja Salman akan memperkuat dasar-dasar sistem syariah di Indonesia. Saat ini, lanjutnya, sistem syariah sudah digunakan dalam sistem ekonomi nasional. Semua yang berkaitan dengan keuangan nasional sudah ada bagian syariahnya. Apalagi, saat ini Indonesia sedang giat mengembangkan sistem ekonomi syariah.

Mantan anggota Dewan Pertimbangan Presiden itu mengatakan, sudah banyak  negara yang memulai mengadopsi sistem syariah dalam kegiatan bisnisnya.

Menurutnya, saat ini sistem perekonomian syariah harus digenjot karena memiliki pangsa pasar yang besar. Untuk saat ini baru 5,3 persen. Peluang ini sangat terbuka mengingat perbankan syariah juga tengah berkembang pesat. Demikian pula dengan pasar modal. Apalagi, saat ini sudah dibentuk Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

EDITOR: Rizky

 

4 KOMENTAR

  1. Alhamdulillah… Semoga Allah memberikan Berkah bagi kedua Negara dan melancarkan pengembangan Ekonomi Syariah demia Kesejahteraan,kemakmutan dan keberkahan hidup Masyaraka Indonesia dan Arab Saudi serta Dunia.aamiin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Hak Asuh Anak Dalam Perceraian

Retaknya perkawinan yang berujung perceraian sering kali mengakibatkan konflik perebutan hak asuh anak. Dalam artikel kali ini, Ruang Hukum akan menjelaskan tentang hak asuh anak sesuai perundangn yang berlaku dan prosesnya di Pengadilan jika terjadi perselisihan perebutan hak asuh anak. Selamat membaca.....

Belajar, Bukan Bersekolah

Akhir pandemi belum juga jelas, satu hal sekarang makin jelas: Gedung-gedung megah persekolahan itu makin tidak relevan jika dipaksakan untuk kembali menampung kegiatan bersekolah lagi. Sekolah harus direposisi. Juga guru.

Bertema “Inovasi Beyond Pandemi”, AMSI Gelar Indonesian Digital Conference 2020

Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut mengatakan IDC yang digelar AMSI bertujuan untuk melihat sejauh mana berbagai sektor melakukan inovasi di tengah pandemi Covid-19 dan seperti apa ke depan.

Cek Fakta: Debat Pilkada Tangsel, Seluruh Paslon Minim Paparkan Data

Debat pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan program kerja yang dimiliki para peserta. Sayangnya, dalam debat tersebut masing-masing pasangan calon (paslon) lebih banyak bicara dalam tatanan konsep.

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

TERPOPULER