Rupiah Senin Sore Melemah ke Rp 13.494

JAKARTA, SERUJI.CO.ID – Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Senin sore bergerak melemah sebesar 49 poin menjadi Rp 13.494 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp 13.445 per dolar Amerika Serikat (AS).

“Dolar AS menguat terhadap mayoritas mata uang dunia menyusul kabar mengenai calon pengganti Ketua Federal Reserve merupakan sosok yang memiliki kebijakan moneter lebih progresif daripada Janet Yellen,” kata Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Senin (2/10).

Ia mengemukakan bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump dikabarkan sudah meneliti beberapa kandidat pengganti Janet Yellen yang akan mengakhiri jabatannya pada 2018 nanti. Di antara nama kandidat pengganti Yellen muncul nama Kevin Warsh, mantan gubernur The Fed.

Selain kandidat yang “hawkish”, ia menambahkan bahwa data makroekonomi Amerika Serikat turut menumbuhkan optimisme pasar bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya pada akhir tahun ini.

“Revisi data produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat pada kuartal kedua mengalami kenaikan 10 basis poin menjadi 3,1 persen, dari sebelumnya 3,0 persen,” katanya.

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova menambahkan bahwa sebagian besar mata uang negara berkembang, termasuk rupiah mengalami tekanan terhadap dolar AS di tengah potensi kenaikan suku bunga Amerika Serikat pada akhir tahun ini.

“Sentimen eksternal menjadi faktor yang mendorong rupiah mengalami tekanan,” katanya.

Sementara dari dalam negeri, lanjut dia, sentimennya relatif stabil menyusul data inflasi September 2017 yang masih terkendali. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada September 2017, Indonesia mengalami inflasi sebesar 0,13 persen.

Sehingga tingkat inflasi tahun kalender (Januari – September) 2017 sebesar 2,66 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun (September 2017 terhadap September 2016) sebesar 3,72 persen.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Senin ini (2/10) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp 13.499 dibandingkan posisi sebelumnya Rp 13.429 per dolar AS. (Ant/SU02)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan isi komentar anda
Silahkan masukan nama

ARTIKEL TERBARU

Katakanlah dengan Meme: Genre Baru Komunikasi Politik

Meme politik, bagaimana pengaruhnya dalam perpolitikan terkini

Buruh, Rumah dan Kejahatan Negara

Kementerian kesehatan merilis 6771 KK buang air besar sembarangan di Bekasi. Menjijikkan tentunya. Namun, disebelah kota Bekasi, Kerawang, Luhut Binsar Pandjaitan telah melakukan "topping off" perumahan dan kawasan bisnis Meikarta, dengan nilai projek 20 miliar dolar AS, atau sekitar Rp300 Triliun

PasarLukisan.com Gelar Pameran Lukisan Virtual Karya Pelukis dari Berbagai Daerah

"Ini adalah solusi yang diharapkan akan memecahkan kebekuan kegiatan kesenian, khususnya pameran seni rupa, akibat pandemi yang belum kunjung berakhir," kata M. Anis,

Paman Donald dan Eyang Joe

Banyak yang usil menyamakan pilpres Amerika dengan Indonesia, termasuk kemungkinan Biden akan mengajak Trump bertemu di MRT dan menawarinya menjadi menteri pertahanan.

Berikut Berbagai Larangan Bagi Penasihat Investasi Yang Diatur dalam Keputusan BPPM

Penasihat Investasi dalam menjalankan kegiatannya harus bersikap hati–hati, dikarenakan terdapat larangan yang harus diperhatikan oleh Penasihat Investasi agar terhindar dari sanksi.

Sambut Festival Belanja Lajang 11.11, Ecovacs Robotics Beri Promo Diskon Hingga 55%

Perusahaan penyedia Robot Rumah Tangga, ECOVACS ROBOTICS, akan meberikan promos diskon besar-besaran hingga 55% untuk berbagai produk unggulan seperti DEEBOT OZMO T8 AIVI, DEEBOT OZMO T8, dan DEEBOT U2 PRO.

150 Ide Bisnis Terbaik Siap Bersaing dalam DSC XI

Program Initiator DSC XI, Edric Chandra mengungkapkan dii tengah kondisi perekonomian yang masih belum stabil lantaran pandemi COVID-19, semangat gerakan wirausaha justru diterima oleh DSC XI.

Kembali Terjadi, Ratusan Kader Militan PDIP Alihkan Dukungan ke Machfud-Mujiaman

Kader yang tergabung dalam kelompok yang menamakan diri Banteng Ketaton tersebut mendeklarasikan dukungannya pada Ahad (8/11) kemarin di daerah Pandegiling yang dikenal sebagai jantungnya PDI Perjuangan di Surabaya.

TERPOPULER